Penjelasan Mengenai Perkembangan Bayi 3 Bulan Sudah Bisa Apa

perkembangan bayi 3 bulan sudah bisa apa

sumber foto: atplayphoto

Di bulan ini bayi sudah bukan lagi bayi baru lahir tetapi pertanyaan selanjutnya adalah dalam perkembangan bayi 3 bulan sudah bisa apa ? Pada dasarnya, pencapaian yang terjadi di bulan ini ditandai tidak hanya oleh pipi bayi yang semakin gemuk tetapi juga kepribadian bayi juga mengalami perkembangan. Di usia ini, keseharian bayi tidak lagi hanya makan, tidur dan buang air. Di usia 3 bulan, bayi kemungkinan bisa terbangun lebih lama di siang hari dan juga jika beruntung, ia akan terus tertidur sepanjang malam.

Bayi 3 bulan akan membuat orang tuannya tertawa kecil dan ia juga kemungkinan sudah bisa cekikikan sendiri di bulan ini dan juga mengangkat tangannya. Beberapa bayi bahkan sudah mulai menanggung sedikit berat badannya di kaki, tetapi orang tua tidak perlu khawatir jika bayinya belum bisa, ini tandanya bahwa sang bayi belum siap dan ini merupakan hal yang wajar. Satu hal yang bayi berusia 3 bulan benar-benar siap untuk memperlihatkan adalah perkembangan kepribadiannya.

Bayi mungkin bisa bersikap serius, konyol, suka berteman, rewel, dan lainnya, kesimpulannya adalah kepribadian bayi seusai dengan apa adanya. Orang tua dilarang untuk membandingkan bayinya dengan bayi orang lain. Kepribadian uniknya adalah yang membuatnya spesial. Kini, selain perawatan dan pemberian makan rutin, tugas orang tua juga untuk menstimulasi perkembangan kepintarannya. Cara yang bisa dilakukan sebenarnya lebih sederhana dari namanya yakni dengan menyanyikan dan berbicara, yang merupakan 2 cara bagus untuk membantu otak bayi berpindah dalam kecepatan tinggi.

Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah menggunakan nada suara yang berbeda ketika berbicara dan menyanyikan lagu yang memiliki akhir yang mengejutkan, seperti Balonku. Ketika membacakan cerita, masukan nama bayi ke dalam nama karakter cerita sehingga bayi akan terbiasa mendengar namanya di keragaman nada dan situasi. Cara bagus lainnya untuk meningkatkan kesadaran dari dunia adalah dengan mengajaknya untuk berekspedisi. Berjalan lah dengan bayi dan lihat bagaimana ia menanggapi dengan senangnya ia melihat daun bergerak, burung terbang dan mendengar suara dari anjing, mobil dan hal lainnya.

Di waktu bermainnya, tangan dan jari bayi masih menjadi mainan kesukaanya, tetapi kini ia mungkin sudah bisa melakukan banyak hal dengan tangan dan jarinya dari pada hanya memasukannya ke dalam mulutnya. Dalam waktu membiarkan bayi tengkurap, mencoba untuk menggulingkan bola di hadapannya. Dengan sedikit latihan, ia tidak lama lagi bisa mengkoordinasikan gerakan tangan dan matanya untuk mencapai bola tersebut. Mainan menarik sekaligus menunjang perkembangan bayi 3 bulan sudah bisa apa adalah cermin aktivitas yang aman untuk bayi. Orang tua bisa menggantungkan cermin ini di sisi dari tempat tidurnya dan orang tua mungkin bisa mendapatkan tambahan beberapa menit tidur ketika bayi akan menghibur dirinya dengan pemandangan paling luar biasa di dunia yakni wajahnya.

Cari tahu lebih lanjut tentang perkembangan bayi 3 bulan sudah bisa apa di Merries.co.id.

Advertisements

3 thoughts on “Penjelasan Mengenai Perkembangan Bayi 3 Bulan Sudah Bisa Apa

  1. Pingback: Informasi dan Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Secara Lengkap | My Blog

  2. Pingback: Mengenal Apa yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan Lebih | My Blog

  3. Pingback: Mengetahui Dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan Sudah Bisa Apa Saja | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s