Menjelajahi Keindahan Gunung Merbabu Dengan Trekking Indonesia Volcanoes

trekking indonesia volcanoes

sumber foto: visitindonesia

Gunung yang menjadi bagian trekking Indonesia volcanoes ini mencakup 3 daerah yang terdiri dari Boyolali, Magelang dan Semarang. Gunung Merbabu telah menjadi kebanggan dari warga Jawa timur berkat daya tarik yang dimilikinya. Hamparan padang berwarna hijau akan memanjakan penglihatan setiap pengunjung gunung ini. Pepohonan rindang di hutan dan bunga edelwies sudah selalu menjadi hal kesukaan di daerah gunung ini. Tidak hanya itu, dekat sebelah selatan dari gunung ini ada Gunung Merapi yang menjulang yang bisa dilihat dari puncak gunung ini.

Tidak ada yang bisa mengelak bahwa gunung ini merupakan karya menawan dari sang pencipta. Jadi, jangan heran jika status dari gunung ini sebagai taman nasional telah menjadi magnet yang membuat pengunjungnya tidak bosan untuk kembali lagi. Gunung Merbabu merupakan gunung berapi dengan sebuah jenis dari stratovolcano kerucut yang memiliki puncak. Sayangnya, gunung ini sudah dinyatakan tidak aktif yang didasarkan dari bukti sejarah yang menyebutkan bahwa terakhir kali gunung ini meletus adalah pada tahun 1968.

Ada 7 puncak yang dimiliki gunung ini, Watu Gubung yang berada di ketinggian 2.685 meter di atas permukaan laut, Watu Tulis berada di ketinggian 2.835 meter, Geger Sapi pada ketinggian 2.926 meter, Syarif  3.119 meter, Ondo Rante 3.048 meter, Kentheng Songo 3.141 meter dan Merbabu/Tringulasi di 3.145 meter. Gunung Merbabu dijadikan sebagai tempat berkumpul karena memiliki suhu yang cukup dingin. Kebalikannya, kabut yang semakin lama menjadi sangat tebal kadang hal ini mengganggu para pendaki. Warga yang ingin melakukan perjalan sepanjang kota Magelang biasanya menyikai keberadaan dari gunung ini yang berdiri menyamping satu-sama-lain dengan Gunung Merapi dari Ketep Pass.

Ada 4 jalur trekking Indonesia volcanoes di gunung ini, yakni Thekelan, Cuthel, Wekas dan Selo. Masing-masing jalur ini memiliki ciri khas dan tingkat kesulitan yang beragam. Contohnya, Wekas yang merupakan jalur tercepat untuk mencapai puncak dari gunung merekan gunung tepat untuk pendaki pemula. Jalur Chuntel cukup panjang dan membutuhkan stamina lebih untuk berjalan mendaki sedangkan beberapa bagian dari jalur Thekelan cukup terjal khususnya ketika menuju Kenteng Songo dimana terdapat jembatan dengan sisi kiri yang menyeramkan dan jurang di sisi kanan. Sedangkan jalur terakhir, Selo, merupakan jalur yang tidak terlalu sulit untuk mencapai puncak gunung.

Biasannya para pendaki menggunakan jalur Wekas sebagai jalur untuk menaiki gunung dan jalur Selo untuk menuruni gunung. Nama jalur Wekas sebenarnya merupakan nama desa yang berlokasi di Magelang. Di pintu masuk, ada jalur yang menuju tempat persinggahan Wekas dan pos pendaftaran. Untuk memudahkan perjalanan turun, pendaki yang mengendarai sepeda motor bisa memakirkan kendaraan mereka di tempat ini. Masih ada banyak rumah dan perumahan dengan lapangan yang ditanamkan dengan beragam jenis sayuran dan tembakau ketika melewati titik awal mendaki gunung.Umumnya pendakian dilakukan di pagi hari yang merupakan waktu yang sempurna untuk menunggu untuk melihat terbitnya matahari dari balik asap laut yang indah.

Cari tahu tempat mana saja yang termasuk trekking Indonesia volcanoes di Super Adventure.

Advertisements

4 thoughts on “Menjelajahi Keindahan Gunung Merbabu Dengan Trekking Indonesia Volcanoes

  1. Pingback: 2 Gunung yang Termasuk Dalam Indonesia Trekking Tours Untuk Pendaki Berpengalaman | My Blog

  2. Pingback: Pilihan Adventure Indonesia Muslim dan Negara Lainnya Untuk Wisatawan yang Mencari Tantangan | My Blog

  3. Pingback: Gambaran Keindahan Alam Indonesia Gunung Bromo yang Menakjubkan | My Blog

  4. Pingback: Gunung Tujuh Jadi Salah Satu Pilihan yang Menantang Dari Indonesia Trekking Tour 2015 | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s