Mengenal Perubahan Pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Setengah

perkembangan bayi 4 bulan setengah

sumber foto: bdphotoblog

Perubahan pertama yang mungkin terjadi pada perkembangan bayi 4 bulan setengah adalah waktu makan bayi tidak sesering seperti sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh perut bayi kini yang sudah lebih besar, sehingga ia tidak perlu untuk sering diberi makan. Sekitar 4 atau 5 kali makan dalam sehari sudah dianggap cukup, bahkan, kecuali bayi yang menerima ASI eksklusif, dimana tipe-tipe bayi ini masih akan mau untuk makan sebanyak 6 hingga 8 kali dalam sehari.

Dengan membesarnya perut bayi, membuat di usia 4 bulan setengah ini berat badannya sudah 2 kali lipat dari berat badan ketika ia lahir dan bayi masih akan terus mengalami kenaikan berat badan, meskipun pola makannya sudah sedikit berkurang. Disebutkan juga bahwa kandungan dalam air susu ibu juga mengalami perubahan dengan memiliki lebih banyak kandungan lemak dan mineral untuk menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi pada bayi.

Orang tua tidak perlu berharap adanya perubahaan sikap bayi ketika ia sedang diberi makan. Bayi masih mudah diganggu pada perkembangan bayi 4 bulan setengah ini, dan memberi makan bayi bisa menjadi hal yang bisa membuat orang tua frustasi karena ia bisa saja berhenti makan untuk menyaksikan saudarannya atau menanggapi suara dari luar. Orang tua mungkin bisa mencoba untuk mengurangi gangguan dengan memberi makan bayi di ruangan yang sepi dan redup.

Di usia 4 bulan setengah ini, bayi suka bermain sendiri dan sudah bisa bermain dengan kedua tangan dan kakinya untuk beberapa menit. Bayi cukup menyukai melakukan satu aksi berulang-ulang sampai ia yakin bahwa hasil dari aksi yang ia lakukan tersebut selalu sama. Lalu, ia akan merubah sedikit aksinya untuk melihat apakah akan ada perubahan dari hasil aksinya tersebut.

Contoh bayi suka bermain sendiri, adalah ketika bayi bangun dari tidurnya. Jika sebelumnya bayi akan langsung menangis, di usia ini bayi kemungkinan akan menghibur dirinya sendiri di tempat tidurnya. Melihat situasi ini orang tua bisa membacakan buku cerita kepada bayi untuk membuat bayi tetap terhibur.

Tapi orang tua perlu ingat bahwa bayi adalah seorang individu. Semua bayi memiliki keunikan tersendiri dan berhasil meraih pencapaian dalam kecepatannya sendiri. Panduan pertumbuhan secara sederhana menunjukkan bahwa bayi memiliki potensi untuk meraih segala pencapaian pertumbuhan, jika tidak terjadi sekarang, maka akan terjadi tidak lama lagi. Untuk bayi prematur, perlu diingat bahwa bayi yang lahir lebih awal biasannya membutuhkan sedikit tambahan waktu untuk meraih pencapaiannya.

Meskipun menangis masih menjadi jenis komunikasi bayi yang sering dilakukannya, bayi juga sedang mengalami perkembangan selera humornya menjelang 5 bulan. Ia mungkin mulai tertawa terhadap kejutan yang menyenangkan seperti bermain cilukba, atau ketika mainan tiba-tiba keluar dari kotak. Orang tua diminta untuk mendorong bayi untuk tertawa dan tersenyum dengan bentuk wajah lucu dan berbagai kekonyolan biasa yang bisa dilakukan orang tua. Bayi di usia ini suka mendengar beragam suara dan orang tua tidak perlu mainan atau instrumen khusus untuk menyediakannya. Hanya dengan meniru suara binatang dan bersiul akan membuat bayi menyukainya.

Perdalam pengetahuan perkembangan bayi 4 bulan setengah di merries.co.id.

Advertisements

4 thoughts on “Mengenal Perubahan Pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Setengah

  1. Pingback: Penjelasan Mengenai Perkembangan Bayi 3 Bulan Sudah Bisa Apa | My Blog

  2. Pingback: Segala yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Dalam Kandungan | My Blog

  3. Pingback: Informasi Untuk Orang Tua Baru Menghadapi Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih | My Blog

  4. Pingback: Meneliti Seputar Perkembangan Bayi 4 Bulan Jalan 5 Bulan | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s