Adventure Indonesia Tour yang Menyenangkan di Taman Nasional Gede Pangrango

adventure indonesia tour

sumber foto: visitindonesia

Berada di 3 daerah di Jawa Barat, yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi, tempat adventure Indonesia tour yang dimaksud adalah Gunung Gede dan Pangrango, yang membentang sejauh 21.975 hektar. Kedua gunung tersebut ditunjuk sebagai cagar alam oleh pemerintah Indonesia di tahun 1980 dengan nama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gabungan dua gunung ini didominasi oleh hutan hujan tropis. Sehingga tidak heran jika kawasan ini berkembang pesar beragam pohon-pohon besar dan langka karena tempat ini didukung oleh air yang cukup, intensitas cahaya matahari dan struktur tanah yang baik.

Tidah hanya itu, Gunung Gede Pangrango juga telah menjadi rumah dari kehidupan liar, beragam kumbang, ratusan mamalia, ratusan spesies burung dan beberapa spesies primata yang langka. Lokasi dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango hanya 100 meter saja dari ibu kota dengan akses masuk yang cukup mudah. Untuk jalur menuju tempat tujuan ini merupakan jalur atas yang sudah dianggap familiar oleh warga Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya. Keindahan dari taman nasional ini dihiasi oleh kebun teh yang bagaikan karpet tempat ini dengan jalanan utama menanjang dan berliku.

Aktivitas naik gunung merupakan salah satu dari kegiatan adventure Indonesia tour yang bisa dilakukan di tempat ini dan menjadi alasan utama seseorang yang datang untuk berkemah di Taman Nasional Gunung Gede Pangrongo yang memiliki pemandangan puncak yang indah. Cibodas merupakan satu jalur masuk untuk menuju Gunung Gede dan Pangrango selain melalui Gunung Putri dan jalan Salabintana. Seperti pada umumnya, pengunjung perlu melapor ke kantor dari resor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di pintu masuk.

Hal ini penting dilakukan karena petugas akan mencatat identitas dan tanggal dari turunnya pendaki. Ketika pendaki tidak turun dari jadwal yang diberitahukan kepada petugas akan langsung melakukan eksekusi pencarian. Setelah selesai melapor dan mendaftar, tempat tujuan pertama merupakan tempat tujuan kandang badak yang dahulunya digunakan untuk perkemahan para pendaki. Meskipun perjalanan mendaki cukup jauh, tetapi kelelahan ini akan dibayar lunas karena pemandangan dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini benar-benar mengagumkan.

Melalui hutan tropis tidak terlalu sulit karena ada petunjuk-petunjuk pada beberapa titik lintasan. Lingkungan hutan ini masih merupakan hutan yang sangat indah dengan tipikal udara dingin dari gunung. Medan dari lintasan yang digunakan relatif bersahabat meskipin ada beberapa pendakian kecil yang perlu dilakukan. Setelah setengah jam, pendaki akan tiba di sebuah tempat tujuan turis. Pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut ada sebuah danau indah yang sering digunakan sebagai tempat istirahat pendaki dan pengunjung. Danau bernama Telaga Biru ini memiliki luas sekitar 500 meter yang sangat menarik dengan pemandangan jelas dari air danau yang percampuran antara warna biru dan hijau.

Masih dalam jalur mendaki Gunung Gede Pangrango, setelah setengah jam berjalan dari Telaga Biru, pendaki akan menemukan perimpangan. Dari sini, dengan belok ke kanan maka pendaki akan kembali dimanjakan oleh pemandangan indah. Kali ini pemandangan tersebut berupa Air Terjun Niagara yang dimiliki Cibereum. Air terjun ini akan menghibur pendaki di pinggrian jalur perjalanan. Air Terjun Cibereum ini memiliki tinggi 40 hingga 50 meter. Tempat ini termasuk sebagai salah satu tempat tujuan liburan yang paling banyak dikunjungi pendaki.

Temukan cerita adventure Indonesia tour di Super Adventure.

Advertisements

5 thoughts on “Adventure Indonesia Tour yang Menyenangkan di Taman Nasional Gede Pangrango

  1. Pingback: 4 Kompetisi Unggulan Dalam Adventure Sports Event Calendar | My Blog

  2. Pingback: Unik Adventure Indonesia Bali Dengan Menunggangi Gajah di Desa Taro | My Blog

  3. Pingback: Pilihan Adventure Indonesia Muslim dan Negara Lainnya Untuk Wisatawan yang Mencari Tantangan | My Blog

  4. Pingback: Bertemu Dengan Hiu Paus Dalam Adventure Indonesia Travel Papua di Teluk Cendrawasih | My Blog

  5. Pingback: Mengunjungi Taman Nasional Komodo yang Dimiliki Pulau Komodo Flores | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s