3 Olahraga Mudah Untuk Persiapan Ibu Hamil Melahirkan

ibu hamil melahirkan

sumber foto: talkbirth

Belum banyak ibu hamil yang mengetahui bahwa ia bisa melakukan olahraga mudah untuk membantu tubuhnya dan bayinya berada di bentuk yang optimal supaya ibu hamil melahirkan normal yang lebih cepat dan mudah. Meskipun tidak ada jaminan, olahraga sebelum melahirkan bisa membuka panggil dan memposisikan bayi secara optimal. Sesungguhnya, untuk kebanyakan ibu, melahirkan normal bagaikan lari maraton. Idealnya, ibu hamil seharusnya melakukan olahraga-olahraga mudah ini ketika ia mulai mengetahui bahwa ia sedang hamil. Namun kapan pun wakrtu memulai olahraga mudah ini dala kehamilan akan memberikan manfaat.

Berjalan

Benar bahwa berjalan sederhana bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh dengan ibu hamil mendekati hari persalinan. Cobalah untuk melakukan olahraga ini paling tidak selama 30 menit sehari, disarankan olahraga ini dilakukan di luar rumah yang memiliki udara segar, sinar matahari dan alam yang berada di sekeliling.

Duduk dengan benar atau tegak

Mungkin beberapa ibu hamil menyangkal bahwa ini bukanlah sebuah olahraga. Tetapi ketika ibu hamil memiliki tambahan berat 9 kilogram dan dengan berlatih duduk dengan benar, maka ia akan menguatkan inti dan menyeimbangkan panggul. Alasan kunci dalam melakukan olahraga ini adalah ibu hamil harus menghindari bersandar di sofa, kursi ayunan dan kasur. Meskipun dorongan untuk bersandar besar, merupakan hal yang bagus untuk ibu hamil duduk tegak dengan panggulnya sedikit ke depan. Duduk di bola olahraga adalah hal yang bagus untuk ibu hamil. Pastikan bolanya cukup kuat dan cukup tinggi sehingga pinggang ibu hamil berada lebih tinggi dari lutut.

Setelah 30 minggu, untuk menjaga panggul lurus dan posisi bayi optimal, coba duduk di bola olahraga selama mungkin dari pada bersandar di sofa besar atau kursi ayunan. Untuk ibu hamil yang bekerja di depan komputer, gunakan bola ini dibandingkan kursi kantor. Cara lain yang bisa dilakukan adalah duduk bersilang kaki. Duduk dengan cara ini mendorong janin ke depan, meregangkan kaki dan membuka lebih panggul. Hal yang bagus dari cara ini adalah posisi duduk ini bisa dilakukan di hampir semua situasi dan orang tiadak akan mengetahui apakah ibu hamil sedang latihan untuk persalinan normal atau tidak.

Posisi tidur yang optimal

Setelah ibu hamil melewati minggu ke-20, banyak dokter dan suster kandungan akan menghalangi ibu hamil untuk tidur bertumpi pada punggung, karena posisi tidur ini akan menyebabkan masalah-masalah seperti nyeri punggung, pernapasan, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah dan pengurangann sirkulasi menuju jantung dan bayi. Tidur dengan mengarah ke sisi kiri adalah yang paling optimal karena posisi ini mungkin bisa mengalirkan jumlah darah dan nutrisi untuk menjangkau plasenta dan bayi. Posisi ini juga berhubungan dengan gravitasi dalam posisi yang optimal untuk melahirkan. Pastikan untuk menggunakan bantal tambahan untuk dukungan, khususnya yang berada di antara kaki untuk menjaga keseimbangan dan lurusnya panggul.

Cari tahu apa saja panduan ibu hamil melahirkan di Merries Indonesia.

Advertisements

6 thoughts on “3 Olahraga Mudah Untuk Persiapan Ibu Hamil Melahirkan

  1. Pingback: Sejumlah Manfaat Melakukan Senam Ibu Hamil Muda | My Blog

  2. Pingback: Apakah Aman Untuk Ibu Hamil Makan Durian? | My Blog

  3. Pingback: Pilihan Senam Ibu Hamil 8 Bulan yang Direkomendasikan | My Blog

  4. Pingback: 4 Latihan yang Efektif Dalam Senam Ibu Hamil 9 Bulan | My Blog

  5. Pingback: Mengenal Kalkulator Kehamilan Online yang Akurat dan Metode Lainnya | My Blog

  6. Pingback: Cara Mudah Untuk Mengetahui Tanggal Persalinan Dengan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s