Pengalaman Awal Mendaki Gunung Papandayan yang Menakjubkan

mendaki gunung papandayan

sumber foto: visitindonesia

Mendaki Gunung Papandayan disebut sebagai kegiatan yang unik karena tempat wisata ini merupakan tempat tujuan liburan yang menarik di Jawa Barat yang memiliki keindahan yang khas. Gunung ini membentang dari daerah Garut Selatan menuju Bandung. Gunung yang terkenal di Jawa Baray ini memiliki ketinggian 2.665 meter dengan suhu yang mencapai 10 derajat celsius. Bunga edelweiss membentang dari sepanjang padang pasir, hutan hijau yang lebar, kawah sulfur dan hutan mati termasuk dari paket pemandangan gunung api yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Gunung ini merupakan tempat liburan favorit bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri, yang menyukai untuk bepertualang. Sayangnya, belum ada infrastruktur jalanan yang memadai. Ketika mencapai kaki gunung, wisatawan akan disambut dengan jalanan berlubang dan jalanan rusak. Hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk mencapai kawah yang indah dari gunung ini. Awalnya Gunung Papandayan memiliki 4 kawah gunung, tetapi letusan besar yang terjadi pada tahun 2002 telah mengubah kawah-kawah tersebut menjadi satu kawah besar. Sehingga kawah yang megah ini bisa terlihat dengan jelas dari kaki gunung.

Kawah dari kawah gunung ini umumnya serupa dengan asap putih yang menghembus ke langit, beserta dengan bau khas dari sulfur. Namun, ada kawah baru yang menarik perhatian karena air sering menguap sulfur yang beragam dari warna merah, hijau, dan cokelat. Namun, wisatawan tidak diperbolehkan untuk berlama-lama di tempat ini karena bau dari sulfur bisa berbahaya jika dihirup dalam waktu yang terlalu lama. Daerah indah ini merupakan obyek yang paling sering dikunjungi oleh turis.

Mendaki Gunung Papandayan adalah hal yang menyenangkan karena gunung ini tidak terlalu tinggi yang juga disertai dengan jalur landai. Inilah kenapa gunung ini dianggap aman untuk pendaki pemula. Bahkan, Gunung Papandayan tetap mampu memiliki daya tarik yang memukau untuk siapapun yang sudah biasa melakukan penjelajahan alam. Sebelum melakukan pendakian, wisatawan perlu melapor ke pos penjaga. Hal ini dilakukan karena beberapa saat di jalur mendaki musim semi, botol pembawa air harus diperiksa. Waktu terbaik untuk mendaki gunung ini adalah di pagi hari atau sore hari karena wisatawan bisa menikmati indahnya malam di atas gunung ini.

Pertama-tama, perjalanan mendaki dimulai dengan melewati jalur jalan yang berbatuan dan menanjak melewati daerah kawah. Sekitar kawah gunung ada lereng yang cukup terjal. Lebih jauh, pendaki langsung menjumpai pohon dedain dan ada asap yang cukup lebat sebelum akhirnya sampai di Pondok Salada. Ini merupakan tempat istirahat dimana para pendaki mendirikan tenda di malam hari. Tempat ini dianggap sebagai tempat beristirahat yang sempurna. Air sungai mengalir ke sumber air yang menuediakan kebutuhan untuk berkemah. Di sekitar daerah yang seluas 8 hektar ini terlihat bunga edelweiss yang juga dikenal dengan bunga abadi.

Menghabiskan malam di Pondok Salada akan membuat pendaki merasa dingin yang menusuk tulang. Namun, ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati terbitnya matahari tanpa harus mendaki dari awal. Ini lah kenapa banyak tenda didirikan di tempat ini. Horison tempat ini sangat indah ketika ketika matahari terbit, dimana lama-kelamaan cahaya jingga di langit akan mulai membesar dari Gunung Papandayan. Saat dimana peristiwa ini terjadi, suhu dingin akan lama-kelamaan menjadi hangat.

Perbanyak petualangan selain mendaki Gunung Papandayan di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

One thought on “Pengalaman Awal Mendaki Gunung Papandayan yang Menakjubkan

  1. Pingback: Gunung Tujuh Jadi Salah Satu Pilihan yang Menantang Dari Indonesia Trekking Tour 2015 | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s