Rahasia Indahnya Alam Indonesia yang Mendunia di Pulau Kadidiri

indahnya alam indonesia yang mendunia

sumber foto: indonesia.travel

Untuk pecinta kegiatan menyelam, nama Pulau Kadidiri merupakan tempat tujuan liburan unggulan yang mereka anggap sebagai rahasia indahnya alam Indonesia yang mendunia meskipun di luar komunitas menyelam, pulau ini jarang banyak yang tidak mengenalnya. Berada di ujung Teluk Tomini di Sulawesi Tengah, pulau ini merupakan salah satu pulau di dalam Taman Nasional Togean yang menyimpan kekayaan mahkluk laut yang berada di segitiga terumbu karang.

Dengan pantai pasir putih dan air laut sejernih gelas, Kecantikan dan pesona Eksotik dari pulau ini menjadikannya sebagai salah satu alasan utama tema dari tempat tujuan liburan di daerah sekitar. Pulau Kadidiri merupakan surga untuk para penyelam yang terkenal dengan bentang alam bawah lautnya yang mengagumkan, kaya akan terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang sangat indah. Air laut yang mengelilingi pulau ini memberikan bantuan untuk lebih dari 1.000 spesies dari mahkluk laut, yang kebanyakan dari mereka merupakan hewan yang punah dan dilindungi.

Sedangkan kepulauan Togean yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi dan ditutupi dalam hutan hujan yang lebat, dibatasi oleh kumpulan terumbu karang. Pulau ini merupakan surga yang sangat terpencil yang terdiri hampir 56 pulau-pulau kecil yang tidak berpeghuni yang diatur untuk menjadi memelihara keanggunan alaminya dan belum dirusak oleh manusia. Kepulauan Togean merupakan tempat yang tidak mudah untuk ditemukan jalan keluarnya, tetapi setiap orang mau untuk mengeluarkan usahanya akan dihadiahi lebih dengan segala yang diharapkan dari tempat tujuan liburan yang sulit untuk dijangkau.

Keutamaan pengasingan, relaksasi yang tiada habisnya dan tempat diving dan snorkeling yang mungkin bisa disebut sebagai yang terbaik di Indonesia dan jika bukan merupakan tempat terbaik di dunia. Berada di Segitiga Karang yang membentang dari Filipina dan bagian timur Malaysia melalui kepulauan Indonesia menuju Timor Leste dan Kepulauan Solomon, Kepulauan Togean merupkan satu-satunya kepulauan di Indonesai dimana jenis-jenis terumbu karang utama bisa ditemukan di satu tempat, seperti karang atol, karang penghalang dan terumbu karang tepi.

Karang-karang ini berada dalam kondisi yang luar biasa dan bisa bertahan dari hampir semua kelimpahan yang tidak mungkin di kehidupan laut. Ikan kakaktua, bannerfish, moonfish, bintang laut, dan ular laut dengan balutan berwarna biru dan ikan pari bertotol, merupakan beberapa spesies laut yang mungkin bisa terlihat di perairan dengan ketinggian betis kaki, yang tidak jauh dari tepi pantai. Untuk penyelam yang sudah mahir, yang ingin menyelam lebih jauh di lautan, spesies yang bisa dilihat adalah penyu, barakuda dengan ekor hitam, dan marlin biru.

Jika penyelam sedang beruntung atau bisa sabar, maka ia mungkin bisa melihat ikan hiu kepala martil. Dengan Kepulauan Togean menjadi bagian dari Taman Nasional, sehingga kegiatan memancing merupakan sesuatu yang dilarang di tempat penginapan manapun atau daerah menyelam. Sedangkan ekologi unik yang dimiliki Pulau Kadidiri tidak hanya dibatasi di bawah permukaan laut saja. Menjauhi pantai, makhluk hidup daratan dan udara bisa berkeliaran dengan bebas. Hutan yang lebat merupakan tempat tinggal dari monyet, rusa babi, burung enggang dan kakaktua khas Sulawesi merupakan sebagian dari rahasia indahnya alam Indonesia yang mendunia di pulau ini.

Salah satu cerita indahnya alam Indonesia yang mendunia di Super Adventure.

Advertisements

One thought on “Rahasia Indahnya Alam Indonesia yang Mendunia di Pulau Kadidiri

  1. Pingback: Cerita Indahnya Alam Indonesia yang Dimiliki Oleh Taman Laut Bunaken | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s