Amankah Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan?

ibu hamil makan mie instan

sumber foto: momjunction

Secara umum, aman untuk ibu hamil makan mie instan selama porsinya tidak berlebihan. Benar adanya bahwa mie instan cepat dan mudah untuk dimasak, yang bahan tambahan yang dibutuhkan hanyalah air hangat. Makanan ini juga bisa membantu menenangkan perut yang lapar, rasanya lezat dan harganya yang terjangkau. Meskipun rasanya lezat, tetapi makanan instan ini tidak bernutrisi. Satu porsi mie instan bukanlah sebuah makanan yang seimbang.

Kandungan-kandungan yang ada di dalam makanan ini adalah tepung kanji, jumlah garam dan mononatrium glutamat atau MSG dan memakan mie yang asin berturut-turut setiap hari bisa menyebabkan terjangkitnya penyakit hipertensi. Ditambah lagi dengan mie goreng tidak memiliki nutrisi-nutrisi yang sangat penting seperti protein, vitamin, mineral dan serat, sehingga makanan ini seharusnya perlu disertai makanan lain yang bisa mengisi kekosongan nutrisi.

Namun, ada panduan yang bisa diikuti untuk ibu hamil makan mie instan dalam periode waktu sesekali. Tips-tips yang bisa diikuti seperti, kurangi kandungan garam yang akan dikonsumsi dengan hanya menggunakan setengah atau lebih sedikit lagi dari perasa yang disediakan di dalam bungkus mie instan. Atau ibu hamil bisa membuat campuran lezat sendiri dari masala yang memiliki kandungan garam yang lebih sedikit. Dengan cara ini ibu hamil bisa mengurangi resiko buruk dari mengkonsumsi mie instan.

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat makanan ini menjadi lebih sehat dengan menambahkan berbagai makanan yang kaya akan nutrisi seperti telur rebus, ayam goreng, sayuran seperti, bayam, kacang-kacangan, wortel, jamur, kembang kol, kacang polong, daunbawang, paprika atau kol. Cara untuk mengonsumsi mie instant dengan makanan-makanan kaya akan nutrisi bisa dengan mencampurkannya setelah matang atau disertai ketika sedang dimasak.

Menurut dokter, untuk ibu hamil makan mie instan bisa dilakukan sesekali, tetapi tidak seharusnya dijadikan makanan popok. Karena tepung kanji, garam dan MSG dianggap tidak memiliki manfaat untuk pertumbuhan bayi. Lebih lagi, dengan mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan hipertensi. Selama kehamilan, kekhawatiran mengalami tekanan darah tinggi sudah sangat bahaya dan dengan mengonsumsi mie instan yang jumlah kandungan garam tinggi bisa semakin membahayakan ibu hamil dan juga bayinya.

Memakan sesuatu secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya dan oleh karena itu mie instan ini jika dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari atau dikonsumsi terlalu sering bisa menyebabkan bahaya untuk ibu hamil beserta bayinya. Ada berbagai kasus di seluruh dunia, dimana ibu hamil makan mie instan sebagai makanan popoknya atau sering mengonsumsinya, dan ketika bayi dilahirkan, bayinya telihat dikelilingi oleh mie di seluruh tubuhnya. Di beberapa kasus, bayi bahkan terlihat tercekik oleh mie yang melingkar di tubuhnya.

Banyak pembahasan lengkap lainnya selain ibu hamil makan mie instan di Merries.co.id.

Advertisements

3 thoughts on “Amankah Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan?

  1. Pingback: 3 Olahraga Mudah Untuk Persiapan Ibu Hamil Melahirkan | My Blog

  2. Pingback: Apakah Aman Untuk Ibu Hamil Makan Durian? | My Blog

  3. Pingback: Apakah Aman Untuk Ibu Hamil Makan Mie Instan? | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s