Petunjuk Tambahan Dalam Mengganti Popok Bayi yang Bagus

popok bayi yang bagus

sumber foto: stancofair

Sebagai ibu baru, memberi makan dan mengganti popok bayi yang bagus bisa dianggap sebagai rutinitas yang sering banyak menggunakan waktu sehari-hari ibu. Ini memang bukanlah sebuah imajinasi, tetapi bayi kemungkinan menggunakan sebanyak 10 popok dalam sehari. Mengganti popok mungkin terlihat sebagai tugas yang menyulitkan ketika pertama kali mengurus bayi tetapi yang dibutuhkan oleh ibu baru dan ibu akan mendapatkan banyak latihan ketika mengurus bayi pertamanya.

Sebelum memulai proses penggantian popok bayi yang bagus, ibu baru perlu menyiapkan beberapa perlengkapan dalam jarak yang bisa mudah untuk diraih, seperti popok bersih, kapas, kain lap yang bersih atau tisu bayi, tambahan kain lap untuk mengeringkan bayi setelah dibersihkan, salep popok (jika terkena ruam popok) dan alas pengganti popok atau beberapa popok kain juga bisa digunakan untuk ditempatakan di bawah bayi dalam proses penggantian.

Ibu baru diharuskan jangan pernah meninggalkan bayi tanpa pegangan ketika mengganti popok. Bayi yang memiliki sesuatu yang bisa difokuskannya akan tidak banyak bergoyang-goyang dan menggeliat, untuk itu ibu bisa memberikan bayi sesuatu yang bisa dilihatnya ketika proses mengganti popok bayi sedang berlangsung. Benda yang bisa digunakan seperti kaca yang tidak mudah pecah atau gambar yang berwarna-warni. Ketika sudah sedikit dewasa, ketika bayi sudah bisa memegang benda, maka ibu bisa menempatkan mainan kesukannya di tangan bayi.

Ketika semua perlengkapan dan persiapan sudah dilakukan, ibu baru bisa meneletangkan bayi di atas alas dan popok baru, lalu lepaskan pengikat popok kotor, gunakan kain lap yang sudah dicelupkan ke air hangat untuk membersihkan kotoran yang masih menempel dan bagian bayi lainnya terutama yang tertutup popok dan lipatan kulit. Singkirkan popok kotor dan buang ke tempat sampah yang berada dekat dengan tempat penggantian popok, lalu kenakan popok baru yang sudah berada di bawah bayi. Sebelumnya, ibu baru bisa juga mengoleskan salep popok, jika bayi menderita ruam popok.

Dalam membersihkan bayi secara menyeluruh. Jika bayi berjenis kelamin laki-laki, ibu baru bisa menempatkan tisu bayi di bagian depan alat kelaminnya untuk menghindari semburan ketika bayi tiba-tiba buang air kecil. Karena terkena udara terus-menerus bisa menyebabkan bayi laki-laki untuk pipis. Ketika orang tua sudah membersihkan bayi, arahkan alat kelamin bayi ke bawah sebelum mengencangkan popok. Cara ini akan membantu terjadinya kebocoran pada popok bayi di garis pinggang. Jika tali pusar bayi masih menempel, ibu bisa menggulung ke bahwa garis pinggang untuk menjaga daerah tersebut tetap kering.

Gunakan kapas, kain lap basah, atau tisu bayi perlahan-lahan dalam membersihkan bayi dari bagian depan ke belakang. Jangan pernah mengelap dari bagian belakang khususnya untuk bayi wanita, karena cara yang terakhir bisa membantu menuebarkan bakteria dan menyebabkan infeksi saluran kemih. Setelah selesai membersihkan bayi, tepuk-tepuk bayi menggunakan kain lap kering. Jika ibu baru menyadari adanya bekas popok di pinggangnya maka berarti popok yang digunakan bayi sudah terlalu sempit dan perlu membeli popok bayi yang bagus untuk dikenakan.

Dapatkan berbagai informasi pilihan mengenai popok bayi yang bagus di Merries.co.id.

Advertisements

5 thoughts on “Petunjuk Tambahan Dalam Mengganti Popok Bayi yang Bagus

  1. Pingback: 6 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Murah yang Wajib Dimiliki | My Blog

  2. Pingback: Mengetahui Cara Kerja Dari Merries Baby Diapers Indonesia Atau Popok Sekali Pakai | My Blog

  3. Pingback: Mengetahui Apa Saja Perawatan Bayi Baru Lahir Menurut Pandangan Islam | My Blog

  4. Pingback: Ulasan Ibu Bayi yang Sudah Menggunakan Pempers Merries Diapers Indonesia | My Blog

  5. Pingback: Cara Menyeleksi Popok Bayi Modern 2015 yang Tepat | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s