Mencermati Perkembangan Bayi 8 Bulan

perkembangan bayi 8 bulan

sumber foto: pitterpatterkw

Dengan orang tua mempersiapkan menghadapi perkembangan bayi 8 bulan, perlu diketahui bahwa di usia ini, bayi tidak hanya suka menjelajahi sekitar, tetapi ia juga suka menjelajahi segala hal. Apalagi ditambah dengan rasa penasaran bayi di usia ini yang membuatnya semakin sadar dengan lingkungannya. Di bawah ini adalah berbagai pencapaian yang bisa diharapkan terjadi ketika bayi memasuki usia 8 bulan, namun orang tua perlu menyadari bahwa tidak semua bayi mengalami beberapa pencapaian di bawah ini tepat waktu.

Bayi berusia 8 bulan memperoleh banyak tenaga baru. Mereka mungkin sudah cukup kuat untuk mengangkat dirinya untuk berada dalam posisi berdiri sambil memegang tembok atau kursi. Di satu atau dua bulan berikutnya, bayi mungkin sudah mulai berjalan ke mana-mana sambil berpegangan dengan furnitur di rumah untuk membantunya. Kebanyakan bayi yang berusia 8 bulan sudah mulai merangkak di usia ini, tetapi orang tua jangan panik ketika bayi berusia 8 bulannya belum memulainya. Karena beberapa bati membutuhkan beberapa tambahan bulan untuk memulainya dan beberapa bayi lainnya langsung bisa berjalan sehabis bisa berguling tanpa menurunkan kemampuannya untuk bisa merangkak.

Di usia ini, bayi sedang memikirkan bagaimana cara untuk menyatukan kemampuan motorik dengan indranya. Bayi yang berada di usia ini biasanya bisa melihat mainan yang ada di ujung ruangan, memutuskan bahwa ia menginginkan mainan tersebut, merangkak untuk mendapatkannya, dan meraih mainan tersebut. Bayi juga bisa menggerakan mainan dengan mudah, membanting mainan balok, melempar bola, dan lainnya. Kemampuan memegang dengan menjepit menggunakan jempol dan jari lainnya kini sudah cukup dibentuk untuk bayi mengambil benda-benda yang sangat kecil.

Karena hampir semua hal yang bayi ambil akan masuk ke mulutnya, orang tua perlu memastikan untuk menjauhkan mainan-mainan kecil apa pun atau benda kecil lainnya yang berserakan. Perlu diingat bahwa jika mainan bayi atau benda cukup kecil untuk masuk ke dalam tabung tisu kamar mandi, berarti benda tersebut bisa masuk ke dalam mulut bayi dan mencekiknya. Jika bayi memiliki kakak kandung dengan perbedaan usia 3 tahun maka merupakan ide yang bagus untuk memisahkan daerah bermain dan mengingatkan bayi mengenai peraturan tabung tisu kamar mandi.

Mengenai pola tidur dalam perkembangan bayi 8 bulan, kebanyakan bayi tidur dengan rata-rata selama 13 hingga 14 jam sehari. Bayi akan memiliki 2 waktu tidur siang perhari, tidur siang pertama dilakukan di pagi hari dan tidur siang lainnya dilakukan di sore hari. Rata-rata tidur siang bayi berlangsung selama 1 jam, tetapi beberapa bayi bisa merasa puas dengan tidur siang yang hanya 20 menit. Kini dengan bayi memiliki perasaan mengenai ketetapan benda, pengetahuan yang masih ada meskipun orang tua sedang tidak berada d seitar. Waktu tidur malam dan tidur siang kemungkinan menjadi sebuah hal yang sulit dilakukan.

Kecemasan perpisahan harus ditinggalkan ketika bayi sudah mencapai usia 2 tahun. Orang tua tidak perlu terlalu mengkhawatirkan jika bayi menjadi rewel setiap kali orang tua mencoba untuk meninggalkan kamar. Karena umumnya tangisan ini tidak akan bertahan lebih dari beberapa menit saja. Orang tua yang menghadapi perkembangan bayi 8 bulan harus bersikap konsisten dalam rutinitasnya dan yang akan membantu orang tua dan bayi dalam penyesuaian.

Informasi pilihan seputar apa yang terjadi pada perkembangan bayi 8 bulan di Merries.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s