Kegiatan Adventure Indonesia Mendaki Bukit Kaba di Bengkulu

adventure indonesia

sumber foto: indonesia.travel

Lebatnya tanaman yang menutupi kaki bukit dari Bukit Kaba memberikan pesta yang benar-benar ditujukan untuk mata, sedangkan warna beragam dari buah lezat yang tergantung di pohon-pohon menambah pemandangan indah dalam permulaan adventure Indonesia di tempat ini. Banyak wanita bisa terlihat di kebun buah-buahan sedang memetik buah dan sayuran yang matang, dan meletakkan hasil panen ini di keranjang yang ada di punggung mereka.

Berada di ketinggian 1.925 meter di atas permukaan laut, Bukit Kaba adalah dimana Desa Sumber Urip yang berada di kelurahan Selupuh Rejang, Kecamatan Rejang Lebong, Bengkulu. Dari titik pandang ini, wisatawan bisa mengagumi puncak dari gunung berapi kembar dan gunung berapi ketiga yang masih aktif. Menjelajahi Bukit Kaba berarti mempersiapkan diri untuk tenggelam dalam alam yang masih murni, ketika mendaki melalui hutan, wisatawan mungkin sering melihat hewan liar yang berani untuk mendekati wisatawan.

Bergerak ke atas, wisatwan disarankan jangan lupa untuk mengisi botol minum dengan air bersih yang mengalir segar dari sumber air di tempat ini, atau bisa juga bermandi di air dingin di balik banyak air terjun sebelum melanjutkan perjalanan menanjak menuju ke kawah. Putaran pertama dari kegiatan adventure Indonesia mendaki ini membawa wisatan dari pos pertama di Pematang Durian yang berlangsung selama 3 hingga 4 jam. Sektor ini bisa juga dilalui dengan kendaraan roda 4 ketika ingin menyimpan tenaga.

Namun, putaran selanjutnya membawa wisatawan melalui jalur hutan yang memiliki curam yang condong dan akan memakan waktu 2 jam perjalanan jalan kaki. Sebelum akhirnya mencapai puncak dari Bukit Kaba, wisatawan bisa beristirahat untuk menarik napas, meregangkan otot-otot yang mengalami nyeri dan bersantai sejenak sebelum memulai menaiki ratusan anak tangga sebelum mencapai tempat tujuan akhir yaitu puncak Bukit Kaba yang menjadi tujuan dari kegiatan adventure Indonesia ini.

Pendakian 20 menit terakhir yang sangat melelahkan akan dengan melimpah dihadiahi dengan pemandangan jika melihat ke bawah pada 3 kawah di Bukit Kaba dengan danau yang berubah warna dari waktu ke waktu. Asap yang keluar dari 2 kawah menandakan bahwa gunung-gunung berapi yang berada di sekitar tempat ini masih sangat aktif sebaliknya bahwa sesungguhnya tidak ada asap yang keluar dari gunung berapi yang ketiga menandakan bahwa kawahnya sudah tidak aktif.

Dekat pintu masuk dari hutan rimba yang membawa wisatawan ke jalur utama menuju hutan terdapat kolam renang air panas dan mata air pana yang menjadi tempat yang bagus untuk bersantai atau membersihkan kaki setelah lelahnya turun dari puncak. Dari puncak dari bukit ini, wisatawan akan memiliki pemandangan yang luar biasa dari Pegunungan Bukit Barisan. Ketika matahari mulai perlahan tenggelam di balik gunung-gunung sinar emas dan jingganya menambahkan panorama yang paling spektakuler ini, menjadi sebuah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk mengabadikan momen sekali seumur hidup. Ketika sudah selesai mendirikan tenda di puncak, wisatawan bisa melihat ke bahwa dari cahaya dari Kota Curup yang juga merupakan pemandangan yang mengagumkan.

Cari tahu tempat lainnya untuk melakukan adventure Indonesia di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

One thought on “Kegiatan Adventure Indonesia Mendaki Bukit Kaba di Bengkulu

  1. Pingback: Adventure Indonesia Tour yang Menyenangkan di Taman Nasional Gede Pangrango | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s