Inspirasi Kalkulator Kehamilan Online Menghitung Minggu dan Bulan Hamil

kalkulator kehamilan online

sumber foto: images.frompo

Meskipun perkiraan hari pembuahan dianggap sebagai hari pertama dari kehamilan, tetapi kebanyakan orang tidak menggunakan tanggal tersebut pada kalkulator kehamilan online sebagai acuan mereka. Hal ini dikarenakan tidak ada cara yang pasti untuk mengetahuinya kapan tepatnya seorang wanita mengalami ovulasi atau pembuahan. Cara yang digunakan adalah mencoba mengingat tanggal berapa menstruasi terakhir dimulai. Dengan cara ini, ibu hamil bisa mengetahui tanggal perkiraan persalinan bayi yang lebuh mungkin menggunakan harui pertama dari periode mestruasi terakhir. Inilah bagaimana kebanyakan pakar kesehatan profesional mengetahui tanggal persalinan ibu hamil.

Kehamilan dianggap berlangsung hingga 9 bulan dan 7 hari waktu kalendar atau 40 minggu. Sehingga bisa menambahkan perhitungan ini dengan hari pertama dari periode menstruasi terakhir untuk mengetahui perkiraan kapan bayi kemungkinan akan dilahirkan. Jika ibu hamil memulai perhitungan kehamilan dari perkiraan tanggal pembuahan atau hari dimana ia kemungkinan berovulasi dalam bulan dimana ia mulai hamil, maka cara menghitung ini akan lebih cepat 2 minggu. Itulah kenapa para ahli kesehatan profesional akan mengatakan bahwa ibu hamil telah mengandung sekitar 2 minggu lebih lama dari waktu sebenarnya.

Kalkulator kehamilan online untuk waktu persalinan bekerja dengan baik jika siklus menstruasi ibu hamil ketika itu rutin dan periodenya berlangsung selama 28 hari. Tetapi untuk ibu hamil yang memiliki siklus menstruasi yang tidak rutin, maka ia kemungkinan tidak menegetahui hari pertama dari periode menstruasi terakhir. Jika sikuls bervariasi dalam panjangnya, menghitung dari hari pertama dari periode menstruasi terakhir mungkin tidak memberikan tanggal perkiraan yang bisa dipercaya.

Namun, ibu hamil tidak perlu khawatir. Karena pemeriksaan USG pertama akan memberikan tanggal akurat dari usia bayi yang ada di kandungan. Cara ini didapat dari mengukur panjang bayi dari kepala hingga kaki. Ibu hamil seharusnya akan ditawarkan untuk melakukan pemeriksaan USG ketika usia sudah memasuki antara minggu ke 10 dan 13 ditambah 6 hari dari kehamilan. Wanita tidak benar-benar hamil dalam 2 minggu pertama setelah hari pertama dari periode menstruasi terakhir. Meskipun kehamilan dihitung dari hari pertama periode menstruasi terkahir, karena wanita kemungkinan tidak mengalami ovulasi dan pembuahan bayi sampai sekitar 2 minggu dari hari tersebut.

Bahkan, wanita tidak akan mengetahui bahwa ia sedang hamil sampai ia sudah memasuki usia kehamilan minggu ke 5, atau menjalani 4 minggu penuh kehamilan, ketika ia tidak mengalami periode menstruasi berikutnya. Selama minggu ketika wanita memulai menstruasi, ia berada dalam minggu pertama dari kehamilan, tetapi ia belum menyelesaikan satu minggu penuh. Ini semua mengenai menyelesaikan setiap minggu, dengan menempatkan satu minggu ke belakang dan memulai minggu berikutnya. Sehingga wanita berada di minggu pertama menstruasi berarti ia belum hamil, di minggu kedua berarti ia sedang berada di 1 minggu kehamilan dan seterusnya.

Informasi lainnya mengenai kalkulator kehamilan online di aswirman.

Advertisements

One thought on “Inspirasi Kalkulator Kehamilan Online Menghitung Minggu dan Bulan Hamil

  1. Pingback: Mengetahui Waktu Pembuahan Dengan Kalkulator Kehamilan Paling Akurat | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s