Yang Perlu Diketahui Ketika Mendaki Gunung Prau

mendaki gunung prau

sumber foto: soraya dewi @ Flickr

Dengan mendaki Gunung Prau berarti pendaki akan mendaki puncak tertinggi daerah pegunungan Dieng, karena puncak gunung ini berada di 2.565 meter di atas permukaan laut. Tidak heran kenapa banyak pendaki ingin mengunjungu puncak gunung ini, karena tempat ini merupakan tempat terbaik untuk melihat keindahan dan pesona alam yang luar biasa dibandingkan dengan melihat pemandangan-pemandangan daerah ini dari bukit-bukit yang mengelilingi gunung ini.

Puncak Gunung Prau juga dihiasi oleh bunga-bunga liar seperti Daysi atau dalam bahasa Jawa disebut dengan ceplikan hingga gundukan-gundungan yang menyerupai barisan dari bukit-bukit kecil yang tersebar dari tepi utara hingga selatan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mounth Teletubbies Dieng atau Bukit Taman Seribu. Panorama yang indah bisa disaksikan oleh pendaki ketika menyaksikan terbenamnya matahari di Gunung Prau Dieng antara lain bagian barat Gunung Slamet, sisi timur dari Gunung Sindoro yang beradi di Jawa Tengah, Pegunungan Merbabu, gunung-gunung berapi, Gunung Unggaran, Gunung Telemoyo, Gunung Tlerep, Gunung Kelud dan bukit-bukit di dasar Gunung Prau.

Puncak gunung ini sering dijadikan tujuan mendaki Gunung Prau sebagai tempat berburu mengambil gambar terbenamnya matahari yang spektakuler sebagai tambahan dalam menikmati terbenamnya matahari yang terlihat di Gunung Sikunir. Untuk warga lokal, Gunung Prau Dieng juga sering disebut dengan istilah Danau Wurung. Kehidupan liar yang unik dari Gunung Prau memiliki penghuni seperti elang Jawa, babi hutan, dan monyet hitam.

Beberapa jalur mendaki Gunung Prau atau Dieng Plateau bisa melalui Desa Patak Benteng dan Kelilembu Dieng. Memulai perjalanan mendaki ini dimulai dari daerah Gamekan ke bukit peri, plintangan, menara anjir, padang rumput Danau Wurung dan puncak Gunung Prau. Namun, untuk pendaki pemula tidak disarankan untuk melalui jalur pendakian seorang diri karena jalur yang sulit untuk dilalui dan juga berbahaya. Untuk wisatawan asing yang ingin mencoba petualangan liburan seperti mendaki Gunung Prau bisa menggunakan layanan pemandu atau pembawa perlengkapan yang akan membantu pendaki membawa keperluan pendakian yang sudah didapat dari paket pendakian Gunung Prau Dieng.

Puncak Gunung Prau bisa dijangkau melalui beberapa jalur alternatif. Dari jalur utara, pendaki bisa melalui daerah Kendal, yang didalamnya terdapat Desa Gunung Genting dan Desa Balong yang berkokasi di daerah Kenjuran Sukoreja. Jarak yang perlu ditempuh melalui jalur utara adalah sekitar 6 jam. Jika pendaki melalui jalur selatan, maka ia akan memulai dari Desa Patak Banteng. Sedangkan durasi dari perjalanan melalui jalur ini cukup singkat atau sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan saja.

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Prau adalah ketika musim kemarau. Ketika hujan jarang turun sehingga jalur pendakian berada dalam kondisi kering bukannya basah yang bisa mengganggu dan membahayakan pendakian. Akan menjadi lebih mudah lagi untuk menemukan lokasi strategis dengan kondisi tanah yang ramah sebagai tempat untuk berkemah. Selain itu, pemandangan terbenamnya matahari di Gunung Prau akan menjadi lebih menarik ketika langit tidak dipenuhi oleh awan hitam atau mendung.

Cari tahu apa saja hal menarik dari mendaki Gunung Prau di Aswirman.

Advertisements

4 thoughts on “Yang Perlu Diketahui Ketika Mendaki Gunung Prau

  1. Pingback: Merasakan Beratnya Hiking Indonesia di Gunung Ciremai | My Blog

  2. Pingback: Menyimak Cerita Perjalanan Mendaki Gunung Lawu | My Blog

  3. Pingback: Kegiatan Adventure Indonesia Mendaki Bukit Kaba di Bengkulu | My Blog

  4. Pingback: Menjelajahi Keindahan Gunung Merbabu Dengan Trekking Indonesia Volcanoes | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s