Tips Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 3 Bulan

perkembangan bayi 3 bulan

sumber foto: finest

Orang tua akan menyadari bahwa pada perkembangan bayi 3 bulan, kemampuan panca indera bayi akan berkembang dengan pesat, khususnya kemampuan pendengaran dan penglihatannya. Bayi yang berada di usia ini akan mengarahkan perhatiannya dan tersenyum jika mendengar suara orang tuannya dan bayi menyukai mendengarkan segala jenis musik. Bayi masih lebih tertarik terhadap mainan yang memiliki warna cerah. Hal ini dikarenakan warna yang tajam lebih mudah dilihat olehnya. Wajah menjadi hal yang sangat membuat bayi usia 3 bulan menjadi terkesima. Ketika orang tua sedang melihatnya dari dekat maka ia akan melihat balik ke arah mata orang tua. Bayi juga akan memandang dengan penuh perhatian pada pantulan dirinya di kaca.

Pada perkembangan bayi 3 bulan, bayi seakan-akan menjadi makhluk hidup yang unik. Ini merupakan waktu yang dianggap oleh psikiater anak, Margaret Mahler, sebagai penetasan, ketika bayi keluar dari cangkangnya dan mulai bereaksi dan berkaitan dengan dunia yang ada di sekitarnya. Bagian dari proses penetasan ini termasuk dengan berinteraksi dengan orang dan tersenyum untuk kepuasan, atau yang bisa dianggap sebagai senyuman sosial.

Di usia 3 bulan, menangis bukan menjadi metode utama dari bayi. Bahkan, bayi yang berusia 3 bulan akan menangis tidak lebih dari 1 jam setiap harinya. Jika menagis melebihi waktu tersebut, atau terlihat berlebihan, maka perlu mengunjungi dokter anak, karena ada kemungkinan refluks atau masalah medis lainnya yang menjadi penyebab. Karena sudah tidak banyak menangis, bayi mulai berkomunikasi dengan cara lain seperti mendekut atau mengeluarkan suara huruf vokal seperti oh dan ah. Ajak bayi dalam percakapan dengan menanggapi suara-suara tersebut dan memberitahu apa yang sedang orang tua lakukan ketika sedang berduaan dengan bayi.

Seperti, “ibu mau ganti popok dulu ya” atau “ini sudah waktunya makan siang” dan sebagainya. Bayi akan mendengar semangat ke suara orang tua dan memperhatikan ekspresi wajah orang tua ketika sedang berbicara. Lama kelamaan, ia akan mulai membentuk suaranya sendiri dan menciptakan gerakan sendiri. Melakukan pembicaraan dengan bayi pada usia 3 bulan juga merupakan cara yang bagus untuk memperkuat ikatan orang tua dengan bayi.

Karena setiap bayi memiliki perbedaan sendiri-sendiri. Orang tua tidak perlu panik, jika pada perkembangan bayi 3 bulan, buah hatinya melewati beberapa pencapaian, apalagi ketika ia dilahirkan prematur atau lebih awal. Namun, orang tua perlu mengunjungi dokter anak jika sang bayi belum memiliki kemampuan-kemampuan berikut:

  • Menanggapi suara atau bising
  • Mengikuti arah seseorang atau benda dengan matanya
  • Tersenyum
  • Menjangkau benda

Beberapa ahli memeberikan nasihat untuk orang tua, khususnya dalam bagaimana supaya bisa tidur di malam hari. Simak nasihatnya, tetapi percaya insting orang tua harus didahulukan. Jika membiarkan bayi terus menangis tidak berjalan dengan baik dan tidak sesuai dengan keinginan orang tua, maka jangan dilakukan. Orang tua mungkin mendengar dari teman atau anggota keluarga bahwa pada perkembangan bayi 3 bulan merupakan waktu yang tepat memberikannya makanan padat untuk membantunya tidur nyenak. Tetapi sebaiknya orang menunggu 1 bulan lagi untuk memberikan makanan tersebut. Akademi kesehatan anak Amerika serikat menyarankan bahwa bayi harus makan menggunakan ASI atau susu formula sebelum usianya antara 4 hingga 6 bulan.

Perbanyak perngetahuan mengenai perkembangan bayi 3 bulan di aswirman.

Advertisements

3 thoughts on “Tips Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 3 Bulan

  1. Pingback: 7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibituhkan Orang Tua Baru | My Blog

  2. Pingback: Mencermati Perkembangan Bayi 8 Bulan | My Blog

  3. Pingback: Mengenal Apa yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan Lebih | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s