Memilih Mainan Bayi 3 Bulan dan Mainan Bayi 6 Bulan yang Tepat

mainan bayi 3 bulan

sumber foto: aliexpress

Mainan, khususnya mainan bayi 3 bulan dan mainan bayi 6 bulan, bisa melakukan hal yang lebih dari sekedar membuat bayi merasa terhibur, karena mainan merupakan bagian yang sangat penting bagi pertumbuhan mental, fisik, kepintaran dan sosial mereka. Mainan adalah alat yang bisa mengajarkan bayi mengenai dunia dan keberadaanya. Mainan menambahkan kesenangan untuk belajar mengenai dunia, bagaimana suatu hal bekerja dan bagaimana untuk berteman. Mainan yang bagus akan memberikan bayi motivasi untuk bermain dan menumbuhkan kemampuan dasar.

Mainan bayi 3 bulan

Dalam beberapa bulan pertama, bayi lebih banyak menghabiskan harinya untuk tidur dan makan. Bahkan beberapa bayi ada yang tidur selama 20 jam sehari. Sehingga orang tua harus menggunakan waktu bangunnya dengan baik, cara dengan memilih mainan dan aksesoris pengasuhan yang bisa merangsang mereka dan mendorong mereka dalam menggunakan rasa yang sedang tumbuh. Orang tua bisa mengenalkan mainan bayi 3 bulan seperti mainan seluler.

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa bayi yang diberikan ransangan yang tepat menunjukkan keuntungan perkembangan yang berkelanjutan dibandingkan bayi yang berada di lingkungan yang kurang memberikan ransang. Meskipun bayi belum bisa untuk fokus dalam bentuk spesifik dari mainan seluler, bayi merasa terkesima dengan gerakan dari mainan ini dan mendorong kemampuan seperti pengenalan pola, kordinasi mata dengan tangan, aktivitas motorik kasar dan perasaan dari obyek permainan. Pilihlah mainan seluler yang memainkan musik karena akan memberikan manfaat ganda.

Maninan yang memainkan musik adalah pilihan mainan bayi 3 bulan yang bagus lainnya. Karena semenjak dilahirkan, bayi bisa mendengarkan suara bernada tinggi dan ditenangkan oleh suara bernada rendah. Berbagai penelitian telah menyatakan bahwa memainkan musik pada bayi semenjak di janin dan di awal tahun kehidupannya bisa membantu membangun jembatan saraf yang mengantarkan pikiran dan informasi. Hal ini dikenal dengan Mozart Effect, sebuah teori yang dianggap bisa meningkatkan IQ, meningkatkan kesehatan, menguatkan ikatan keluarga dan bisa meransang gelombang alfa otak yang menciptakan perasaan tenang.

Mainan bayi 6 bulan

Di usia ini bayi akan mengambil semua hal yang bisa digenggamnya dan memasukkannya ke mulut. Di usia ini bayi juga sudah menjadi lebih peka terhadap lingkungannya. Bayi akan merespon ketika di kelitik dan mainan lain yang dimainkan bersamanya. Pilih mainan bayi 6 bulan yang interaktif dan bisa melakukan aktivitas yang mempromosikan ikatan dan mendorong bayi untuk mempeluas batasannya. Buku adalah salah satu pilihan mainan terbaik.

Bayi di usia 6 bulan sudah bisa berfokus terhadap obyek dalam sudut pandangan berbeda sehingga ini merupakan waktu yang tepat baginya untuk mulai membaca. Ia akan bisa melihat gambar dan kata-kata di halaman dan bahkan di usia dini, ia akan mulai untuk menghubungjan kata-kata dan suara. Mainan genggam adalah contoh mainan bayi 6 bulan lainnya yang bagus. Bayi kini sudah bsa memegang benda dan menggoyang-goyangkannya. Ia juga menyadari perbedaan mainannya. Dengan memberikan mainan ini, ia akan merasa mandiri dan kordinasi mata dan tangannya akan berkembang dengan pesat.

Pengetahuan lainnya mengenai mainan bayi 3 bulan di aswirman.com.

Advertisements

4 thoughts on “Memilih Mainan Bayi 3 Bulan dan Mainan Bayi 6 Bulan yang Tepat

  1. Pingback: Mencermati Perkembangan Bayi 8 Bulan | My Blog

  2. Pingback: Pilihan Terbaik Dari Mainan Bayi 3 Bulan yang Aman | My Blog

  3. Pingback: Mengenal Pilihan-Pilihan Terbaik Dari Mainan Bayi 3 Bulan Keatas | My Blog

  4. Pingback: Mengetahui Bagaimana Cara Memilih Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s