Yang Ditanyakan Mengenai Cara Memandikan Bayi

cara memandikan bayi

sumber foto: momtricks

Waktu mandi bisa dianggap sebagai waktu bermain utama, sehingga orang tua perlu mengetahui cara memandikan bayi yang benar. Bayi umumnya tidak memiliki banyak kotoran sehingga tidak perlu dimandikan setiap harinya. Untuk orang tua dengan kesibukan melimpah, hal ini merupakan kabar yang bargus. Memandikan bayi 2 kali dalam satu minggu, khususnya di musim salju, sudah cukup, untuk memberikan kebersihan bayi di bagian yang ditutupi oleh popok bayi.

Bagian yang tertutup popok ini harus dibersihkan dengan baik setiap kali jika ada pembuangan yang dilakukan bayi, entah itu buang air kecil atau besar. Lakukan pembersihan setiap hari di daerah yang umumnya mudah berkeringat, berminyak atau kotor, seperti dibalik telinga, di lipatan leher, kotoran yang ada di pangkal paha dan di daerah yang ditutupi oleh popok akan sangat dibantu jika dibersihkan setiap hari untuk menghindari datangnya dan menghilangkan kuman.

Mengenai pembersih bayi, orang tua perlu mengetahui bahwa kulit bayi, khususnya yang baru lahir, bersifat sensitif dan semua sabun bisa menimbulkan iritasi ringan. Fungsi dari sabun adalah untuk mencegah partikel dan minyak di permukaan kulit sehingga mereka bisa dengan mudah dihilangkan dari kulit dengan air. Tanpa sabun, beberapa sabun, minyak, kotoran dan cairan permukaan akan bisa dengan mudah menempel di kulit dan membutuhkan untuk digosok dengan kuat menggunakan kain dan air untuk menghilangkannya.

Hal ini tentu saja akan membuat kulit bayi yang lembut mengalami iritasi. Setiap kali cara memandikan bayi pada bagian kulit memiliki toleransi yang berbeda untuk setiap sabun. Berapa banyak sabun, seberapa sering dan jenis apa yang bagus untuk digunakan bisa ditentukan hanya dengan mencoba dan melihat kesalahannya, tetapi berikut ini adalah beberapa petunjuk umum:

– Gunakan sabun hanya untuk memberishkan daerah yang memiliki lapisan cairan seperti, minyak atau keringat, yang tidak mudah dihilangkan dengan air saja.

– Ketika pertama kali menggunakan sabun, lakukan percobaan pengujian dengan menggosok pada satu bagian kecil dari tubuh. Jika dalam beberapa jam kulit menjadi memerah, mengering atau terlihat perubahan yang mencolok di berbagai cara yang menyambung ke area lain, buang sabun tersebut dan gunakan sabun lainnya.

– Gunakan sabuh ringan. Sabun mandi bayi merupakan sabun biasa dengan penambahan yang lebih sedikit seperti antimicrobial, wewangian atau penggosok.

– Batasi waktu penggunaan sabun di kulit menjadi kurang dari 5 menit untuk menghindari kekeringan dan iritasi kulit. Dibersihkan secara langsung dan membilas kulit dengan baik.

– Tetapi yang paling penting, hindari menggosok kasar di semua bagian dari kulit menggunakan sabun.

Orang tua bayi yang sensitif merasa bahwa dengan menggunakan banyak sabun dan shampo, beserta minya pewangi dan bedak, bisa menghalangi kamuflase bau alami bayi yang dianggap oleh orang tua sebagai sesuatu tantangan yang tidak bisa dihindari. Selain itu, ini merupakan cara memandikan bayi yang lebih baik untuk tidak menutupi bau alami bayi, yang dibutuhkan bayi dan parfum yang bisa memberikan iritasi kepada bayi-bayi tertentu.

Info untuk orang tua mengenai cara memandikan bayi di Aswirman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s