Perjalanan Hiking Indonesia di Bukit Lawang

hiking indonesia

sumber foto: analisadaily

Melakukan perjalanan hiking Indonesia di Bukit Lawang akan membuat pendaki menjelajahi hutan Sumatera dan mempunyai petualangan luar ruangan dengan orangutan yang akan menemai perjalanan di hutan desa dari bukit ini. Dengan arti dari namanya adalah pintu ke bukit, Bukit Lawang adalah desa kecil yang berlokasi di bagian selatan dari Taman Nasional Gunung Leuseur. Tempat ini berada sekitar 90 kilometer sebelah barat laut dari Medan, yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara.

Bukit Lawang merupakan pintu masuk menuju hutan Sumatera yang melegenda dengan jalur hiking Indonesia yang terjal sekaligus licin serta lereng berlumpur, menjelajahi hutan ini memang merupakan petualangan sungguhan yang bagaikan olahraga extreme. Jalur perjalanan ini melalui hutan tebal yang menawan dan bisa membawa pendaki menuju dunia baru. Sebagai raksasa lembut dari hutan, orangutan merupakan atraksi utama di tempat ini. Bukit Lawang merupakan salah satu tempat terbaik di dunia untuk bertemu primata yang langka dan dilindungi ini.

Pendaki bisa melihat keanggunan mahkluk ini ketika berayun sepanjang kanopi hutan sambil mereka mencari makanan yang berupa buah-buahan. Tempat ini merupakan salah satu benteng komunitas terbesar dari orangutan, dengan lebih dari 5.000 dari hewan ini tinggal di hutan ini. Pusat rehabilitas orangutan dimana orang utan muda yang yatim dilatih untuk bisa tinggal di dunia liar. Tempat penanggulangan ini sudah beroperasi sejak 1973 dan kini mampu menarik pengunjung dari seluruh dunia yang datang untuk melihat makhluk yang luar biasa ini.

Banyak orang yang memilih untuk melakukan hiking Indonesia selama 2 hari di tempat ini untuk memperbesar peluang untuk melihat orangutan dan hewan-hewan liar lainnya di habitat alaminya. Ini memang merupakan hal yang berbahaya untuk pendaki melakukan perjalanan seorang diri di hutan sehingga setiap pendaki harus dipandu oleh orang yang sudah profesional. Pendaki perlu memberitahu kepada pemandu bahwa ia tertarik untuk melihat tanaman atau hewan khusus sehingga bisa ditunjukkan keberadaan dari makhluk hidup yang ingin dilihatnya tersebut.

Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa pemandu dalam melakukan hikking Indonesia di Bukit Lawang sudah termasuk makanan umum, biaya pemandu, perizinan dan perlengkapan berkemah. Pendaki juga perlu memastikan untuk menanyakan kepada pemandu untuk mengunjungi gua kelelawar. Pendaki direkomendasikan untuk berakat sangat awal di pagi hari supaya tidak kehilangaan momen apapun dalam perjalanan di hutan. Jika perjalanan semalaman dianggap terlalu melelahkan, pendaki bisa memberitahukan pemandu untuk memandu ke jalur hutan yang bisa dijangkau dalam beberapa jam saja.

Ambil perjalanan untuk menuruni Sungai Bohorok dengan cara arung jeram menggunakan ban karet. Cara ini hanya harus dilakukan di bawah pengawasan oleh seorang pemandu karena arus dari air sungai ini sangat kuat. Pendaki hiking Indonesia di Bukit Lawang bisa berdekatan dengan orangutan dan memberi makan, ada 2 waktu pemberian makan yakni jam 8.30 pagi dan jam 3 sore. Di kedua waktu ini, pendaki bisa memberikan mereka beberapa makanan seperti susu, pisang, dang suplemen makanan lain yang sudah disediakan oleh pusat rehabilitasi hewan ini.

Cari tahu tempat mana saja untuk melakukan perjalanan hiking Indonesia di aswirman.com.

Advertisements

5 thoughts on “Perjalanan Hiking Indonesia di Bukit Lawang

  1. Pingback: Keunikan Melakukan Penjelajahan Alam di Hutan Monyet Ubud | My Blog

  2. Pingback: Yang Perlu Diketahui Ketika Mendaki Gunung Prau | My Blog

  3. Pingback: Merasakan Beratnya Hiking Indonesia di Gunung Ciremai | My Blog

  4. Pingback: Kegiatan Adventure Indonesia Mendaki Bukit Kaba di Bengkulu | My Blog

  5. Pingback: Raja Ampat Menjadi Pilihan Diving Indonesia December yang Memuaskan | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s