Alasan Menggunakan Minyak Telon Untuk Bayi

minyak telon untuk bayi

sumber foto: eumom

Tenaga yang dimiliki tubuh pembagian penggunaanya dibagi menjadi 2 yakni untuk menjalani aktivitas seharian dan untuk menjaga suhu tubuh dan pertumbuhan. Suhu tubuh yang normal pada bayi berada di angka 34 hingga 35 derat selsius. Dikarenakan pada tubuh bayi kemampuan pengaturan suhu tubuh belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. Untuk itu, tubuh bayi perlu dilindungi dan dijaga supaya tidak merasa kedinginan. Dari berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan minyak telon untuk bayi.

Karena kalau bayi dibiarkan merasa dingin, ia tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk pertumbuhannya, karena jatah tenaga ini akan digunakan untuk menahan tubuh dari rasa dingin. Minyak telon disarankan untuk dioleskan pada tubuh bayi ketika ia sudah selesai dimandikan, di pagi dan sore hari. Cara ini masih tetap perlu dilakukan meskipun bayi dimandikan menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan bayi akan merasa dingin ketika ia diangkat dari bak mandi, dalam waktu ini bayi sangat membutuhkan kehangatan karena ia merasa dingin akibat suhu ruangan, air mandi dan utamanya karena ia tidak sedang mengenakan pakaian yang seharusnya melindungi tubuhnya dari kedinginan.

Minyak telon dipilih karena terbuat dari campuran yang memiliki kekuatan yang lebih lembut jika dibandingkan dengan minyak penghangat lainnya seperti minyak kayu putih. Minyak tersebut dianggap memiliki kekuatan yang terlalu keras untuk kulit sensitif yang dimiliki bayi. Berbeda dengan balita, yang dimana sudah memiliki lapisan kulit yang lebih kuat, oleh karena itu ia sudah diperbolehkan untuk diolesi minyak kayu putih pada kulitnya.

Meskipun memiliki manfaat, tetapi penggunaan minyak telon masih menjadi perdebatan. Karena minyak ini memiliki efek samping tersendiri. Efek samping ini hanya bisa terjadi pada bayi yang memiliki kulit yang sangat sensitif, seperti bayi yang memiliki atopik. Meskipun kekuaan minyak ini dianggap lembut, tetapi kulit bayi tersebut tidak bisa menahan kekuatan minyak tersebut. Alhasil bayi yang memiliki kulit sangat sensitif, ketika diberi minyak telon dapat menyebabkan iritasi kulit dalam bentuk binti atau bercak merah, kulit kering hingga kulit mengelupas.

Banyak orang tua yang menggunakan minyak ini dengan cara dioleskan dan memijat, tetapi ada beberapa orang tua yang menggunakan beberapa tetes minyak ini sebagai campuran untuk minuman bayi ketika sang buah hati masuk angin atau perut kembung akibat gangguan pencernaan. Mengatasi perut kembung memang merupakan kelebihan lain yang dimiliki minyak telon untuk bayi. Tetapi orang tua perlu diingatkan kalau minyak ini pada dasarnya adalah obat luar, sehingga penggunaan untuk diminum tidak dianjurkan. Karena kalau digunakan untuk diminum terlalu sering akan menimbulkan iritasi di dalam tubuh bayi seperti bayi akan mengalami diare.

Ketahui berbagai keunggulan yang dimiliki minyak telon untuk bayi di aswirman.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s