Tips Persiapan Terjun Payung Solo

terjun payung

sumber foto: bard

Derasnya aliran adrenalin yang dirasakan ketika melakukan terjun payung Solo datang dari resiko besar yang dimiliki oleh olahraga extreme ini. Tanpa adanya resiko tersebut, olahraga ini tidak akan setegang seperti apa yang terlihat dalam kenyataanya. Sebelum penerjun melompat keluar dari pesawat, ia harus mengetahui apa saja kemungkinan yang bisa terjadi. Tetapi untuk mengurangi kemungkinan resiko besar tersebut menjadi kenyataan ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan berikut ini adalah persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan terjun payung.

  • Seragam yang perlu dikenakan mungkin tidak terlihat menarik, tetapi pakaian inilah yang bisa melindungi penerjun dari udara dingin dan angin. Seragam harus pas di tubuh penerjun, tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil, dan juga tidak boleh ada lubang yang dimana udara bisa masuk.
  • Untuk penerjun yang akan melakukan terjun payung Solo untuk pertama kalinya, pemandu yang akan terjun bersama akan memasangkan pengikat. Pengikat inilah yang akan menjaga segala hal berada di tempatnya sehingga bisa melakukan terjun payung dengan selamat. Jika sudah sedikit berpengalaman, penerjun harus memiliki pengikat sendiri yang sudah dipasangkan untuk terikat ke tubuh.
  • Ketika melakukan terjun beduaan, akan ada pemandu yang membuka tali parasut jika sedang berada di udara penerjun pemula panik dan melupakannya. Tetapi penerjun pemula masih harus mengetahui mengenai alat aktivasi otomatis, yang akan membuka parasut jika misalnya ia ingat bahwa ia sudah telat untuk membuka parasut.
  • Untuk alasan kenapa penerjun harus mengenakan helm, ini diperuntukan jika parasut tidak bisa terbuka, meskipun hal ini jarang terjadi. Fungsi utamanya bukan untuk itu, tetapi jika misalnya pendaratan tidak semulus seperti keinginan, dan ada kemungkinan penerjun berguling-guling di daratan dan di sini lah fungsi helm akan bermanfaat untuk penerjun.
  • Jangan langsung mempercayai pemandu yang akan menemani, tanyakan terlebih dahulu apakah ia memiliki izin. Karena pemandu perlu memiliki ketentuan tertentu untuk bisa menemani penerjun. Pemandu yang berkualitas akan memiliki izin yang bisa dilihat oleh semua orang tetapi jika misalnya penerjun tidak melihatnya, ia bisa menanyakan tanda izin dari pemandu tersebut.
  • Makan sebelum melompat, karena kalau tidak, penerjun akan merasa pusing dan pingsan, yang dimana hal ini tidak aman untuk dilakukan. Hindari menyantap makanan berminyak, karena jenis makanan ini akan membuat penerjun merasa lesu. Makanlah makanan yang ringan dan menyehatkan untuk membuat penerjun merasa bugar.
  • Ada beberapa orang yang bisa melihat keluar dari pesawat ketika mereka akan melompat dan tidak panik sedikit pun. Untuk yang merasa sebaliknya, ambilah napas yang panjang. Bernapas selama 3 detik dan mengeluarkan untuk 5 detik untuk dengan cepat menenangkan diri. Karena penerjun tidak semestinya mengalami serangan jantung ketika melakukan terjun payung Solo.
  • Sebelum melompat untuk melakukan terjun payung Solo, tanyakan kepada pemandu atau penerjun lainnya, tanda apa yang ingin digunakan untuk berkomunikasi. Karena ketika sedang terbang diudara, sulit untuk mendengar apa yang dikatakan oleh penerjun atau pemandu, sehingga hanya bisa bergantung pada bahasa tubuh.

Perbanyak pengetahuan mengenai terjun payung Solo di aswirman.

Advertisements

3 thoughts on “Tips Persiapan Terjun Payung Solo

  1. Pingback: Simak Panduan Ini Sebelum Terjun Payung Tandem di Hawaii | My Blog

  2. Pingback: Cerita Petinggi Google Melakukan Terjun Payung Luar Angkasa Tahun Lalu | My Blog

  3. Pingback: Tips Keselamatan Sebelum Melakukan Terjun Payung Indonesia 2015 | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s