Penjelasan yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 6 Hingga 7 Bulan

perkembangan bayi

sumber foto: sweettea-photography

Orang tua yang sedang menghadapi perkembangan bayi 6 hinga 7 bulan bisa merasa senang karena ini adalah masa yang menyenangkan untuk sang buah hati. Kemampuan imajinasi sudah ia miliki dan ingatannya mulai membaik. Ia mungkin memperlihatkan kedekatan yang kuat kepada anggota keluarga lainnya dan orang terdekat serta ia bahkan lebih memiliki beberapa mainan dan buku dibandingkan jenis mainan yang lain. Emosi bayi masih terus berkembang dan ia kemungkinan akan menunjukkan tanda-tanda dari ketakutan dari bentuk perpisahan, kecemasan atau kecemasan terhadap orang baru.
Mungkin akan membantu orang tua untuk mengetahui bahwa kecemasan berpisah dan kecemasan terhadap orang baru merupakan bagian yang normal dalam perkembangan bayi. Bayi akan memberi tahu orang tua kapan ia merasa senang dan sedih serta ia bisa juga memberitahu bagaimana perasaan orang tua dari nada suara dan ekspresi wajahnya. Dalam perkembangan bayi 6 hingga 7 bulan, ia menjadi sibuk mengeluarkan celotehan dan mungkin merespon terhadap namanya sendiri, ia akan berhenti ketika mendengar kata ‘tidak’, dan mencari obyek yang familiar ketika disebutkan oleh orang tua.

Yang terjadi pada usia ini, bayi akan mulai memberi tahu orang tua ketika ia sudah kenyang, sering kali ia akan melambaikan tangannya atau menolehkan kepalanya menjauhi sendok. Ketika memberi makan bayi di perkembangan bayi 6 hingga 7 bulan, orang tua bisa melihat tanda pertama dari pertumbuhan giginya. Bayi di usia ini belajar dalam setiap waktu dengan memasukkan berbagai hal di mulutnya atau melihat dengan jelas apa yang ada di tangannya.

Ia akan membanting dan menggoyangkan mainan dan mencoba untuk memegang mainan balok. Ia juga mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan obyek yang tidak bisa ia raih lalu ia akan meminta pertologan dari orang tuannya. Memasuki perkembangan bayi 6 hingga 7 bulan, ia bisa berguling ke kedua arah dan mungkin memulai untuk menjangkau berbagai sudut rumah dengan merangkak. Ia bahkan kemungkinan merangkak menggunakan tangan dan lututnya. Beberapa bayi bisa berdiri dengan bantuan dan meloncat ke atas dan bawah ketika digendong oleh orang tuanya.

Menjadi orang tua dalam perkembangan bayi 6 hingga 7 bulan setiap harinya, orang tua dan bayi, akan belajar sedikit demi sedikit mengenai satu sama lain. Ketika bayi berkembang dan tubuh, orang tua akan mempelajari lebih mengenai kebutuhannya dan bagaimana cara memenuhinya. Bahkan sebagai orang tua, Anda akan selalu belajar. Setiap orang tua membuat kesalahan dan belajar melalui pengalaman. Orang tua juga diperbolehkan merasa percaya diri mengenai hal-hal yang diketahuinya. Dan juga tidak apa-apa untuk mengaku mengenai ketidaktahuan terhadap hal-hal tertentu dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang dianggap bodoh.

Temukan segala hal mengenai perkembangan bayi di Aswirman.com.

Advertisements

3 thoughts on “Penjelasan yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 6 Hingga 7 Bulan

  1. Pingback: Memilih Mainan Bayi 3 Bulan dan Mainan Bayi 6 Bulan yang Tepat | My Blog

  2. Pingback: Tips Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 3 Bulan | My Blog

  3. Pingback: Penjelasan Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 4 Bulan Keatas | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s