Keunikan Danau Toba Menjadi Keindahan Alam Indonesia

keindahan alam indonesia

sumber foto: indonesia.travel

Danau Toba merupakan danau vulkanik atau danau kawah terluas di dunia. Dengan panjang sejauh 100 kilometer dan kelebaran 30 kilometer, sehingga terciptanya titik terdalam yang mencapai 505 meter. Danau ini terletah di tengah-tengah dari sisi utara dari Pulau Sumatera di Indonesia. Tetapi tidak hanya itu saja kelebihan yang dimiliki oleh danau ini, karena kandidat dari 7 keajaiban dunia pada tahun 2008 ini memiliki sesuatu unik yang membuatnya termasuk ke dalam keindahan alam Indonesia.

Keindahan dari Danau Toba tidak bisa dibayangkan menggunakan foto atau kalimat. Karena seseorang akan bisa mengerti keindahan yang dimiliki tempat ini jika melihatnya langsung. Bentang alam dari Danau Toba dihiasi dengan bukit yang mengelilingi danau ini membuat atmosfir menjadi segar yang dapat menyegarkan pikiran para pengunjungnya. Untuk menikmati keindahan alam Indonesia di tempat ini tidak hanya dengan memandanginya saja tetapi juga bisa dengan berenang di air danau, dan di sore hari pengunjung bisa melihat keindahan dari terbenamnya matahari di tempat ini.

Di tengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Di dalam pulau ini juga memiliki 2 danau yakni Danau Sidhoni dan Danau Natonang. Wisatawan bisa mengujungi kedua danau ini menggunakan perahu dari Desa Tomok di Samosir. Danau Toba merupakan tanda dari letusan dari gunung berapi yang bertahan selama 2 juta tahun lalu. Danau ini dianggap sebagai Yellowstone, sebuah kebangkitan kembali caldera, atau seperti yang dikatakan oleh 2 ahli geoligi, David Alt dan Daniel Hyndman, mengatakan jenis gunung berapi ini sebagai ketakutan yang sempurna.

Danau Toba memiliki sihir dan kosmos karena dipercaya sebagai tempat dimana 7 leluhur suku Batak yang dicintai atau Namboru tinggal. Dahulu suku Batak mengadakan upacara kostum di sekitar danau ini, dan mereka meminta izin dari para Namboru ini. Penduduk asli di Parapat merupakan anggota dari suku Batak, Mereka kebanyakan menganut agama Kristen, berbicara menggunakan bahasa tradisional, dan mereka masih menjalankan upacara tradisional.

Ada 2 cara berbeda untuk mencapai Danau Toba dari kota Medan. Cara yang pertama adalah melalui Brastagi di daratan tinggi Karo dan cara lainnya adalah melalui rute perkebunan. Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia khususnya ke kota Medan sangat direkomendasikan untuk mengunjungi danau ini supaya bisa merasakan salah satu keindahan alam Indonesia dengan kedua mata sendiri. Jarak yang ditempuk dari Medan ke Parapat adalah 4 jam menggunakan mobil yang melalui kota-kota kecil di Sumatera Utara, yang diantaranya adalah P. Siantar, Tebing Tinggi dan lainnya.

Tempat untuk menemukan berbagai keindahan alam Indonesia di Aswirman.

Advertisements

4 thoughts on “Keunikan Danau Toba Menjadi Keindahan Alam Indonesia

  1. Pingback: Keunikan Melakukan Penjelajahan Alam di Hutan Monyet Ubud | My Blog

  2. Pingback: Yang Perlu Diketahui Ketika Mendaki Gunung Prau | My Blog

  3. Pingback: Menyimak Cerita Perjalanan Mendaki Gunung Lawu | My Blog

  4. Pingback: Danau Tamblingan Menjadi Bukti Indahnya Alam Indonesia di Bali yang Mistis | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s