Olahraga Mencegah Ibu Hamil Muda Mengalami Kenaikan Berat Badan Berlebih

ibu hamil muda

sumber foto: telegraph

Olahraga yang sederhana memang disarankan selama kehamilan untuk berbagai alasan, dan salah satunya adalah untuk membantu ibu hamil muda terhindar mengalami kenaikan berat badan yang berlebih. Ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan di Britania Raya. Mereka mengulas penelitian sejak tahun 1990an untuk memperhatikan apakah olahraga saja bisa membantu kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan dan mereka mengetahui bahwa hasilnya ternyata benar tetapi tidak bisa digunakan untuk mengurangi berat badan setelah melahirkan.

Ilmuwan Britania Raya tersebut menemukan 5 penelitian mendalam dari pertanyaan tersebut. Dr. Kristy Elliot-Sale, dari sebuah lembaga bernema Sport, Health dan Performance Enhancement Research Group di Notthingham Trent University, yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa tidak penelitian cukup yang dilakukan mengenai pengaruh dari olahraga dalam kenaikan berat badan selama kehamilan dan penurunan berat badan setelah melahirkan.

Dari beberapa penelitian bagus tersebut yang dikelompokan oleh desain penelitian yag sesuai bahwa olahraga dianggap sebagai alat yang efektif selama kehamilan untuk membatasi kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan tetapi sejauh ini olahraga khususnya berjalan tidak menunjukkan hasil yang efektif untuk penurunan berat badan setelah melahirkan. Badan kesehatan Amerika Serikat menyarankan wanita yang memiliki berat badan normal sebelum melahirkan untuk menaikan berat badan sekitar 11 hingga 15 kilogram selama kehamilan. Sedangkan wanita yang memiliki berat badan berlebih untuk menaikkan berat badan sekitar 6 hingga 11 kilogram, dan untuk wanita yang obesitas menaikan sekitar 4 hingga 9 kilogram.

Pemimpin penelitian juga mengatakan bahwa kenaikan berat badan yang melewati batas yang dianjurkan memiliki pengaruh kepada ibu dan bayi yang dikandungnya. Kenaikan berlebihan ini juga berkontribusi pada menjaga berat badan setelah melahirkan dan pada akhirnya, jika tidak diperiksa, ada resiko lebih tinggi mengalami obesitas. Wanita seharusnya mendapatkan dukungan dan panduan selama masa-masa sulit ini dan kehilangan berat badan yang berkaitan dengan kehamilan harus dibuat lebih mudah dan tidak menganggu periode spesial ini.

Dr. Kristy Elliot-Sale bersama rekan penelitinya mengulas hasil dari 3 penelitian yang membandingkan program olahraga ke perawatan rutin atau ke jenis intervensi lain selama kehamilan dan 2 penelitian yang dilakukan selama satu tahun setelah melahirkan. Para peneliti ini menemukan bahwa dalam rata-rata ibu hamil muda yang berolahraga selama kehamilan mengalami kenaikan berat badan sekitar 2.3 kilogram lebih rendah dari pada ibu hamil muda yang tidak berolahraga.

Tidak ada perbedaan dalam penurunan berat badan setelah melahirkan antara ibu hamil muda yang berolahraga dan ibu hamil yang tidak berolahraga. Tetapi pemimipin penelitian ini masih percaya bahwa olahraga adalah jawaban yang tepat untuk ibu hamil muda, dan inilah kenapa ia sekarang sedang mengumpulkan penelitian penurunan berat badan setelah melahirkan. Tentunya, aktivitas fisik berhubungan baik dengan konsumsi nutrisi yang baik juga. Tetapi ibu perlu diperingatkan tidak hanya membatasi diet tenaga yang dikonsumsi selama menyusui.

Berbagai hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil muda di Aswirman.com.

Advertisements

6 thoughts on “Olahraga Mencegah Ibu Hamil Muda Mengalami Kenaikan Berat Badan Berlebih

  1. Pingback: Mitos Kehamilan dan Faktanya yang Berhubungan Dengan Makanan | My Blog

  2. Pingback: Amankah Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan? | My Blog

  3. Pingback: Sejumlah Manfaat Melakukan Senam Ibu Hamil Muda | My Blog

  4. Pingback: Penyebab dan Cara Ibu Hamil Mengurangi Rasa Sakit Perut | My Blog

  5. Pingback: Cara Sederhana Untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat | My Blog

  6. Pingback: 3 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet Dengan Tujuan Menurunkan Berat Badan | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s