Penjelasan Pentingnya Mainan Bayi Untuk Pertumbuhan

mainan bayi

sumber foto: pouted

Apakah dengan memberikan bayi mainan pertumbuhan yang canggih akan membuat bayi memiliki kemampuan lebih dan lebih cepat dalam pertumbuhannya? Jawabannya adalah tidak, karena mainan bayi yang sulit dan terlalu canggih tidak berarti perumbuhannya akan menjadi lebih baik atau lebih cepat. Sebuah hasil dari cara pendekatan yang sudah dibuktikan untuk bayi tumbuh dengan optimal yaitu bahwa bayi belajar dengan cara bermain. Atau dengan kata lalu tugas bayi adalah bermain.

Inilah yang harus dilakukan bayi. Ini merupakan satu-satunya cara mereka mempelajari semua kemampuan baru dan memiliki pengalaman. Apa yang banyak orang tua tidak menyadari bahwa mempelajari kemampuan dasar bayi adalah proses yang sangat sulit. Karena bayi juga mengalami pertumbuhan secara fisik dan lainnya, peneliti menemukan bahwa belajar dan pertumbuhan adalah proses gabungan dan sangat rumit. Ini dengan sederhana berarti pertumbuhan fisik dan mempelajari kemampuan baru tidak bisa dipisahkan.

Lalu bagaimana mainan bayi bisa membantunya mempelajari kemampuan baru? Ketika bayi dilahirkan, otaknya terduru daru sebuah angka dari jalur neurologis antara triliunan sel otak, dan jalur neurologis ini belum secara sempurna terstruktur dan terhubung. Ini dibaratkan jika bel rumah dipencet, bel tersebut belum mengeluarkan suara, tetapi pintu garasi sudah terbuka, lampu baru akan menyala esok hari, dan pemanas air baru bisa mendidih minggu depan.

Secara singkatnya, otak bayi baru lahir belum memiliki struktur dan tidak ada jawaban yang bisa diprediksi. Tetapi semua manusia membutuhkan jawaban yang bisa diprediksi untuk berfungsi dengan baik di kehidupan sehari-hari. Untuk bisa berfungsi dengan baik, bayi perlu membentuk hubungan yang tepat dan jalur antara sel otak yang tidak terhitung. Dengan penghubung ini akan membuat bayi bisa belajar dan berpikir.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa seorang bayi merasakan dalam beberapa tahun pertamanya bahwa kehidupan membentuk dan memperbaiki jalur-jalur otak mereka. Pengalaman atau yang dirasakannya tersebut termasuk hal-hal seperti melihat, mendengar, menyentuh, dan merasakan. Dan juga berbagai pengalaman yang dibutuhkan untuk menguatkan dan membentuk semua jalur-jalur otak tersebut. Jadi contohnya, jika seseorang sedang membaca, cara untuk memahami hal yang sama dengan penulis adalah dengan membayangkan hal yang sama di pikiran.

Di sinilah dimana, mainan bayi berperan sangat penting untuk membentuk dan menguatkan jalur-jalur otak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dilakukan oleh orang tua. Edukasi, belajar atau mainan pertumbuhan bayi diciptakan untuk menghubungkan jalur neurologis bayi di urutan yang tepat. Selain itu, ada beberapa ratusan hubungan neurologis tepat yang dibutuhkan oleh bayi sehingga satu mainan pertumbuhan bayi saja tidak akan bisa mengajarkan bayi semua kemampuan.

Pastinya, bayi memerlukan sejumlah mainan bayi, pengalaman, dan lingkungan untuk memastikan bahwa semua hubungan dibentuk dan bekerja dalam urutan yang tepat. Semakin sering bayi bermain dengan mainan pertumbuhan maka hubungan neurologis akan menjadi semakin baik dan kuat. Bisa dikatakan bahwa peluang yang membuat berbagai hal menjadi kesalahan jika hubungan yang sudah dibentuk kuat adalah sangat kecil dan hampir tidak ada.

Cari tahu pilihan terbaik tentang mainan bayi di Aswirman.

Advertisements

2 thoughts on “Penjelasan Pentingnya Mainan Bayi Untuk Pertumbuhan

  1. Pingback: Memilih Mainan Bayi 3 Bulan dan Mainan Bayi 6 Bulan yang Tepat | My Blog

  2. Pingback: Pilihan Terbaik Dari Mainan Bayi 3 Bulan yang Aman | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s