Tips Penting Dalam Cara Memandikan Bayi yang Aman

cara memandikan bayi

sumber foto: blog.safetytubs

Memandikanbayi yang baru lahir untuk pertama kalinya mungkin akan sedikit menyulitkan. Bayi yang baru lahir butuh untuk ditangani dengan sangat hati-hati. Sebagaimana bayi yang baru lahir sangat halus, yang dimana orang tua mungkin akan merasa sedikit ketakutan dalam beberapa kali waktu di awal-awal. Menangani bayi dalam menerapkan cara memandikan bayi membutuhkan banyak latihan. Dengan penyokong yang benar dan sedikit berlatih. Orang tua dan bayi akan mulai merasa nyaman dan menikmati pengalaman ini.

Memandikan bayi juga merupakan salah satu waktu yang sempurna untuk menguatkan ikatan orang tua dengan bayinya. Dokter kini mengatakan bahwa tidak ada dasar dari teori bahwa bayi seharusnya tidak dimandikan sampai tali pusarnya copot dan pusarnya sudah benar-benar sembuh. Jika tunggal pusar masih ada, orang tua bisa mengeringkannya setelah memandikan dan lalu basuhkan beberapa tetes alkohol dan mengusapkannya menggunakan kapas bersih.

Orang tua tidak perlu memandikan bayi yang baru lahir setiap hari di cuaca dingin atau musim dingin. Memandikan 2 kali dalam seminggu seharusnya sudah cukup untuk membuat bayi tetap bersih. Lebih memberikan bayi memandikan sepon dengan air hangat dan handuk yang lebut (jika tidak bisa menutup seluruh badan bayi, paling tidak daerah yang tertutup popok seharusnya dibersihkan dengan sabun dan air setiap hari). Orang tua juga tidak perlu membersihkan hidung, kuping, mulut, mata, dan lidah bayi.

Sebelum memandikan bayi, kumpulkan segala perlengkapan dan pastikan semua hal yang dibutuhkan berada di dalan jangkauan. Peralatan yang dibutuhkan seperti bak mandi bayi, sabun bayi, handuk lembut, beberapa kapas, pakaian bersih, popok bersih dan air yang kira-kira suhunya sama dengan suhu dari tubuh orang tua. Pastikan semua jendela tertutup. Jika membiarkan jendela akan membuat bayi menggigil, sehingga adalah hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa ruangan yang digunakan untuk memandikan bayi hangat.

Cara memandikan bayi yang aman dimulai dengan melepaskan pakaian bayi. Satu tangan harus selalu berada di tubuh bayi (kepala bayi seharusnya didukung oleh tangan depan atau pergelangan dan jari-jari tangan orang tua untuk menahan bayi dengan aman di sekitar bagian bawah lengannya), sedangkan tangan lainnya bisa digunakan untuk mengoleskan sabun, shampo, dan membasuh bayi dengan air dan membersihkan kulit kepala. Dengan perlahan oleskan sabun ringan ke seluruh badan. Lalu balikkan badan bayi sehingga punggungnya bisa dibersihkan.

Satu hal yang perlu diingat adalah bayi akan menjadi licin dan cenderung untuk meleset dari jangkauan dengan adanya sabun di tubuhnya. Ini merupakan alasan kenapa bathtub direkomendasikan untuk menjadi tempat memandikan bayi. Memandikan bayi di lantai atau memandikan bayi tanpa bathtub membuat bayi mudah mengalami cedera karena tidak sengaja terpeleset dan memiliki tantangan tersendiri. Dalam memandikan bayi di bathtub, pegang bayi dengan erat di sekitar bagian atas tangan, berikan dukurngan hingga pundaknya. Dukung bagian bawah bayi menggunakan tangan yang satunya lagi dan turunkan bayi secara perlahan ke bath tub.

Lanjutkan untuk mendukung pundah bayi. Lalu basuhi semua bagian badan dengan air sebelum mengoleskan sabun lalu bersihkan bagian badannya yang diolesi sabun dengan air. Angkat bayi keluar dari bathtub, balutkan bayi dengan handuk lembut dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut lainnya. Perhatikan lipatan kulitnya. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan dan mengeringkan dalam cara memandikan bayi seharusnya dilakukan dengan menepuk-nepuk bayi bukannya menggosok-gosokkan bayi.

Ketahui berbagai tips mengenai cara memandikan bayi di Aswirman.com.

Advertisements

2 thoughts on “Tips Penting Dalam Cara Memandikan Bayi yang Aman

  1. Pingback: Yang Ditanyakan Mengenai Cara Memandikan Bayi | My Blog

  2. Pingback: 7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibituhkan Orang Tua Baru | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s