Fakta-Fakta Dari Olahraga Extreme

olahraga extreme

sumber foto: wikipedia

Olahraga extreme belakangan menjadi kegiatan kesukaan atlit-alit muda. Olahraga-olahraga ini sedang menjadi tren dan mendapatkan banyak perhatian utama dari kalangan anak muda. Karena olahraga extreme dinilai berbahaya, banyak orang membayang kenapa orang-orang mau melakukan olahraga ini. Kebanyakan atlit yang menjalani olahraga ini mengatakan karena kenaikan adrenalin, kesenangan dari melakukan sesuatu yang berbahaya dan memiliki ancaman untuk bisa menyelesaikannya dengan selamat.

Ada banyak jenis olahraga yang termasuk dalam olahraga extreme, untuk lebih mengenal olahraga-olahraga tersebut, simak beberapa fakta olaharaga tersebut di bawah ini.

– Terjun BASE atau BASE jumping

Video terjun BASE pertama kali direkam pada tahun 1978, dari daerah bernama El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat. Olahraga ini sangat berbahaya dan sering dianggap ilegal untuk melakukan terjun payung dari bangunan yang berdiri tetap. Faktanya adalah BASE merupakan singkatan dari Building, Antena, Span dan Earth, yang artinya aktivitas terjun ini bisa dilakukan di gedung, menara kosong, jembatan dan jurang.

– Sepeda BMX

Sepeda BMX merupakan persilangan antara sepeda dengan sepeda motor. Sepeda-sepeda ini memiliki suspensi super untuk berkendara di medan yang kasar atau sulit. Sepeda ini tidak memiliki mesin, tetapi nama sepeda ini masih dinamakan BMX, yang merupakan kepanjangan dari Bicycle Motocross. Pada Olimpiade Beijing, China, di tahun 2008, nomor olahraga sepeda BMX pertama kali dilombakan.

– Bungee jumping

Bungee jumping diciptakan oleh A.J. Hackett dari Selandia Baru dan yang melibatkan melompat dari tempat yang tinggi sambil diikatkan pada tali elastis yang tebal. Penerjun akan jatuh dan memantul kembali ke udara sebelum ia mencapai daratan. Meskipun sudah dihubungkan dengan tali, tetapi bungee jumping masih merupakan olahraga yang sangat berbahaya. Tali bisa gagal berfungsi dan banyak pelompat yang mengalami cedera.

– Motorcross

Motor dalam motocross merupakan sepeda motot khusus yang dibuat untuk bisa menangani medan balapan dan aksi-aksi. Motorcross telah berubah menjadi motorcross gaya bebas, dimana pengendaranya melakukan berbagai trik dan melompat dari tanjakan, sepeda mini motorcross dan bahkan motocross yang memiliki 4 roda dengan mesin ATV. Trik motorcross yang paling sulit adalah double backflip yang dilakukan dari tengah-tengah tanjakan.

– Panjat tebing

Panjat tebing dimulai di Gunung Alps oleh para pendaki. Semenjak itu, olahraga ini mulai dilakukan banyak orang, kebanyakan gunung telah dinilai dari jenis kesulitan sehingga pemanjat bisa mengetahui apakah kemampuannya bisa menaklukkan suatu gunung atau tidak. Jika tidak ada gunung yang dekat, bisa selalu belajar dengan tembok panjat tebing dalam ruangan tetapi harus lolos dalam ujian keselamatan terlebih dahulu.

– Terjun payung

Istilah tradisional dari terjun payung adalah parasuting, karena penerjun menggunakan parasut setelah mereka selesai melakukan terjun bebas. Orang-orang pertama yang menemukan teknologi parasut adalah tentara dari militer Amerika Serikat. Olahraga extreme ini menjadi olahraga rekreasi dan kompetisi di tahun 1951. Jika penerjun membentuk badannya lurus dalam terjun bebas, ia bisa mencapai kecepatan 200 meter per jam.

Perkembangan terbaru dari olahraga extreme di aswirman.

Advertisements

3 thoughts on “Fakta-Fakta Dari Olahraga Extreme

  1. Pingback: Olahraga Exteme yang Bisa Dicoba di Bali | My Blog

  2. Pingback: 3 Tempat Olahraga Ekstrim Selancar di Bali | My Blog

  3. Pingback: Lokasi Panjat Tebing Extrem di Seluruh Dunia | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s