Penjelasan Fakta dan Mitos Kehamilan

mitos kehamilan

sumber foto: pregnant

Dengan bantuan dari Yfat Reiss, rekan penulis buku How to Make a Pregnant Woman Happy, Dokter Phil mengklarifikasi fakta dan mitos kehamilan yang benar dan mana yang hanya sekedar anggapan orang tua. Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Ibu hamil mengindam asinan dan es krim

Salah. Tidak semua ibu hamil mengidam asinan dan es krim, tetapi mengidam makanan seperti ini adalah berdasarkan fakta. Umumnya, mengidam makanan bisa menjadi sangat berguna dalam memberitahu apa yang diinginkan tubuh. Ibu hamil yang mengidam asinan, pada dasarnya mengidam makanan asin dan mungkin mengalami kekurangan mineral, dan khususnya kekurangan sodium. Tambahan mineral memang penting dalam kehamilan ketika tubuh ibu hamil meningkatkan volume darah sebesar 20 persen, sehingga mineral yang ada encer.

Banyak wanita mengidam makanan cepat saji seperti es krim ketika hamil, ini karena makanan cepat saji sering dihubungkan dengan kenyaman. Gula yang ditemukan pada makanan manis, begitu juga pada roti, pasta, dan nasi membuat tubuh memproduksi serotonin, yang dimana bisa membuat ibu hamil merasa sedang berada dalam kondisi bagus.

  1. Ibu hamil yang perutnya condong ke bawah sedang mengandung anak laki-laki, atau ibu hamil yang jerawatan mengandung anak perempuan

Salah. Bagaimana keadaan dari perut hamil tergantung dari tipe tubuhnya dan apakah ia sebelumnya sudah hamil, tetapi ini tidak mempengaruhi jenis kelamin. Jerawat ketika hamil juga tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Mengenai posisi perut ibu hamil yang disebabkan oleh tipe tubuhnya. Wanita yang tinggi, kurus, posisi perutnya terlihat lebih tinggi. Wanita yang lebih rendah dan gemuk, perutnya terlihat lebih rendah. Kedua keadaan ini tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin. Serta, di kehamilan kedua, karena otot perut mungkin lebih lentur, sehingga perut hamil mungkin terlihat lebih rendah. Jerawat kehamilan juga tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin, ini merupakan hasil dari perubahan alami hormon.

  1. Ibu hamil tidak boleh mengangkat benda-benda berat

Benar, khususnya yang beratnya lebih dari 11 kilogram. Tubuh ibu hamil sudah terbebani oleh tambahan berat, yang menggangu keseimbangan dan membuat mereka memiliki kemungkinan besar untuk jatuh. Ini dan hal lainnya yang bisa menyebabkan kehilangan rasa keseimbangan pada ibu hamil harus dihindari. Karena jatuh di trimester pertama kemungkinan dapat menghancurkan kehamilan, yang akan segera membutuhkan pemeriksaan medis.

  1. Ibu hamil tidak boleh meminum minuman beralkohol

Benar. Karena alkohol merupakan ‘feto-toxic’, yang artinya adalah racun terhadap pertumbuhan bayi. Hanya satu kali minum alkohol sehari bisa menciptakan masalah yang terlihat dalam kehamilan. Bayangkan jika seseorang memberitahu bahwa suatu jenis obat bisa membahayakan bayi, kenapa mau untuk mengonsumsi setengah atau pun hanya seperempatnya yang sama saja akan mengakibatkan bahaya.

  1. Semua ibu hamil mengalami mual di pagi hari atau morning sickness

Salah. Wanita dan tingkat hormon kehamilannya berbeda masing-masing. Perasaan dari morning sickness sering disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen selama kehamilan. Maksud dari penjelasan mitos kehamilan ini adalah jika tubuh ibu hamil sudah memproduksi estrogen tingkat tinggi akibat kehamilannya, tambahan estrogen bisa mengakibatkan morning sickness di trimester pertama, tetapi bisa juga tidak. Tergantung tubuh masing-masing ibu hamil.

Semua yang perlu diketahui mengenai mitos kehamilan di Aswirman.

Advertisements

One thought on “Penjelasan Fakta dan Mitos Kehamilan

  1. Pingback: Mitos Kehamilan dan Faktanya yang Berhubungan Dengan Makanan | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s