Manfaat dan Cara Memijat Bayi Dengan Minyak Telon

minyak telon

sumber foto: popsugar

Memijat bayi adalah kebiasaan lama dalam perawatan bayi yang masih dilakukan di berbagai dunia. Dalam penelitian medis terakhir membuktikan bahwa ada banyak manfaat dari memijat bayi. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan secara prematur yang diberikan pijatan dengan minyak telon 3 kali dalam sehari untuk 10 hari bisa menaikkan berat badannya sebesar lebih dari 50%, ia juga akan menjadi lebih aktif, waspada dan bisa meninggalkan rumah sakit 6 hari lebih cepat dari bayi yang lahir prematur lainnya.

Memijat bayi berguna dalam menstimulasi saraf motorik, memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan dan meningkatkan ketenangan emosional anak. Sebagai tambahan bisa juga dalam memelihara tubuh dan otot-ototnya. Bayi yang mendapatkan pijatan yang benar dan rutin bisa tumbuh dengan lebih sehat dan lebih baik. Saking pentingnya memijat bayi, orang tua perlu mempelajari cara-cara yang tepat dalam melakukannya. Untuk itu, simak di bawah ini cara bagaimana untuk memijat bayi:

Pilihlah waktu supaya ketika memijat bayi tidak terburu-buru atau tidak diganggu ketika sedang melakukannya. Jangan memijat bayi sebelum atau setelah ia makan atau ketika bayi sedang sakit. Jangan juga membangunkan bayi untuk memberikan pijatan kepadanya. Siapkan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan seperti minyak untuk memijat bayi yakni minyak telon atau minyak sayuran lainnya, popok, dan pakaian bersih. Minyak aromaterapi yang digunakan pada orang dewasa mungkin tidak cocok untuk bayi.

Jangan mengenakan gelang, cincin dan perhiasan lainnya ketika akan memijat bayi, dan juga pastikan bahwa kuku jari sudah dipotong sehingga tidak melukai kulit bayi yang lembut. Kembangkan alas yang lembut atau handuk di permukaan datar dan lepaskan pakaian bayi. Orang tua juga bisa menaruh bayi di pangkuannya. Baringkan bayi jika ingin memijat bagian depan dari bayi dan terlentangkan ia ketika ingin memberikan pijatan pada punggungnya.

Oleskan hanya sekitar setengah sendok teh dari minyak telon ke telapak tangan supaya tangan bisa memijat dengan mudah pada tubuh bayi. Orang tua bisa memberikan tambahan minyak ke tubuh bayi jika dibutuhkan. Pijat bayi dengan hati-hati dan juga sedikit kekuatan dari telapak tangan atau jari. Pola memijat yang bisa digunakan adalah dengan memberi pijatan ringan melingkar di dada dan perut, pijatan bahu, lalu turun ke tangan dan kaku lalu pindah kebelakang. Bayi yang baru lahir bisa diberikan pijatan selama 2 hingga 5 menit, sedangkan bayi yang lebih tua dari 2 bulan bisa menikmati dalam waktu yang lebih lama.

Jangam memberikan tekanan berlebih dalam tubuh bayi yang rapuh dan hindari memberikan pijatan pada daerah tulang belakang. Bayi akan merasa tenang ketika diberikan pijatan jika orang tuanya mengajak bayi mengobrol atau menyanyi. Kontak mata dengan bayi membuat orang tua mendapatkan perhatian penuh darinya. Berhenti memijat secara tiba-tiba bisa membuat bayi menjadi terjaga, sehingga perlu hati-hati dan dengan perlahan ketika ingin menyudahi memijat bayi.

Jangan menggunakan minyak di kepala dan wajah bayi. Jauhkan tangan yang sudah terkena minyak memijat dari tangan bayi karena mereka sering memasukan tangan atau jarinya ke mulut atau mata, hal ini bisa membahayakan bayi karena akan menimbulkan iritasi. Tempatkan bayi pada handuk bersih setelah diberikan pijatan dengan minyak telon yang hangat serta berikan juga ia pelukan. Hindari ruam, luka, atau daerah yang dimana bayi pernah menerima suntikan vaksinasi atau karena terkena suatu penyakit.

Penjelasan mengenai manfaat minyak telon di Aswirman.com.

Advertisements

2 thoughts on “Manfaat dan Cara Memijat Bayi Dengan Minyak Telon

  1. Pingback: Ketentuan Menggunakan Minyak Telon | My Blog

  2. Pingback: Alasan Menggunakan Minyak Telon Untuk Bayi | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s