Tantangan dan Tips Mengganti Popok Bayi

popok bayi

sumber foto: neufmois

Ada seorang ibu yang tidak menyangka kalau ia merindukan rutinitas mengganti popok bayi, tetapi sesungguhnya bahwa tidak menyimpan popok sama sekali adalah hal terbaik selanjutnya dalam mengganti popok bayi. Mengganti popok bisa menjadi sebuah bagian percobaan, tantangan dan lucu dari mengasuh anak. Orang tua mungkin tidak tertawa pada saat tersebut, tetapi pada dasarnya, mengejar anak yang lari menjauh dengan hanya mengenakan popok saja adalah hal yang lucu. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang dihadapi dalam proses penggantian ini:

– Tantangan 1: Membuat bayi berada dalam posisi terlentang

Ketika orang tua menyadari bahwa anaknya membutuhkan pergantian popok, orang tua sering memberitahukan kegiatan ini kepada anaknya terlebih dahulu. Entah sejak kapan orang tua melakukan kebiasaan, tetapi mungkin karena mereka menganggap bahwa bayi akan mengerti jika diberitahu apa yang akan dilakukan oleh orangtuannya. Cara alternatif yang bisa dilakuakan adalah langsung membawa bayi ke meja penggantian, kemungkinannya terburuk adalah bayi akan mengamuk.

Sehingga, memberitahukan setiap kali akan mengganti popok memang terlihat merupakan hal terbaik, belum lagi anak akan dan semoga bisa terbiasa dengan cara ini setelah mendengarkan kata-kata tersebut berkali-kali. Setelah orang tua memberitahukan bahwa mereka ingin mengganti popok anaknya, kemungkinan terbesar adalah anak akan mulai melarikan diri. Ini akan menjadi tanda dimulainya permainan menangkap anak di rumah. Setelah anak merasa lelah, orang tua baru bisa menangkap anaknya dan tugas berikutnya adalah membuat anak untuk terlentang di tempat penggantian popok.

– Tips untuk tantangan 1 adalah dengan menggunakan gangguan dan berbicara kepada anak

Dengan menangkap anak dan siapkan ia dalam posisi terlentang untuk mengganti popok. Tetapi ada cara yang lebih baik lagi yakni dengan meminta anak untuk duduk, lalu berikan ia sejumlah jenis mainan atau buku sebagai alat yang akan mengganggu perhatiannya. TV juga bisa menjadi alat pengganggu lainnya. Lalu orang tua bisa meminta anaknya berada dalam posisi terlentang dan proses penggantian popok pun dimulai.

– Tantangan 2: Membuat anak tidak menyentuh bagian yang akan ditutupi popok

Setelah anak berada dalam posisi terlentang untuk penggantian popok, tantangan orang tua selanjutnya adalah membuat anak tidak menyentuh area yang ingin dibersihkan oleh orang tua. Bahkan dengan diberikannya gangguan, anak bisa dengan mudah kehilangan ketertarikan terhadapnya, membuat mereka membuang mainan dan dengan segera menempatkan tangannya di daerah popok.

– Tips tantangan 2: Mengajarkan anak untuk tidak menempatkan tangannya di daerah popok

Orang tua bisa mengajarkan anaknya untuk mengangkat tangannya atau menempatkan tangan di dadanya. Jika ia masih menaruh tangannya ke bagian tersebut, orang tua bisa kembali mengingatkan anaknya untuk mengangkat tangannya. Dengan anak terus menaruh tangannya di daerah popok dan orang tua yang juga terus mengingatkannya, maka seolah-olah dianggap sebagai permainan oleh anak yang menjadi hal yang bagus dalam proses penggantian popok bayi.

Berbagai pengetahuan mengenai popok bayi di Aswirman.

Advertisements

3 thoughts on “Tantangan dan Tips Mengganti Popok Bayi

  1. Pingback: Cara Terbaik Untuk Mencegah Kebocoran Pada Popok Bayi Murah | My Blog

  2. Pingback: 7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibituhkan Orang Tua Baru | My Blog

  3. Pingback: Petunjuk Tambahan Dalam Mengganti Popok Bayi yang Bagus | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s