Gerakan-Gerakan Senam Ibu Hamil

senam ibu hamil

sumber foto: familygolive

Gerakan senam ibu hamil sudah terbukti mampu membantu ibu selama persalinan. Biasanya, ibu yang melakukan gerakan senam akan menjalani proses kelahiran dengan lancar. Sebenarnya, gerakan-gerakan ini telah diajarkan oleh leluhur kita bahkan dalam cara yang sederhana. Ibu hamil seharusnya tidak menghabiskan masa kehamilannya dengan tidur dan duduk saja.

Ibu hamil harus melaukan pekerjaan rumah, khususnya untuk ibu hamil yang sudah tua yang diketahui dengan tetap aktif melakukan kegiatan sehari-hari akan membantu persalinan dengan lebih lancar. Lalu apa saja gerakan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil? Ada beberapa gerakan senam ibu hamil bisa dilakukan sambil mengerjakan kegiatan lain, ketika ibu hamil sedang merasa tidak ingin pergi ke tempat senam karena gerakannya juga biasa dilakukan oleh banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa gerakan-gerakan sederhana senam ibu hamil:

  1. Gerakan duduk bersila dengan meluruskan tubuh

Ini bisa menjadi gerakan yang bisa dilakukan oleh ibu yang sedang hamil sambil membaca sebuah buku atau hanya ingin merasa santai. Posisi yang sama seperti apa yang dilakukan ketika melakukan yoga.

  1. Gerakan merangkak

Membayangkan bagaikan bayi, mengarahkan untuk membuka jalan atau bayi.

  1. Gerakan berbaring dan memiringkan ke kanan dan kiri

Miringkan ke kanan dan kiri bersama dan juga menjadi salah satu gerakan yang bisa dilakukan untuk mendorong persalinan.

  1. Menirukan gerakan dari hewan berkaki empat

Gerakan ini bisa dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

  1. Gerakan terlentang dengan posisi bagaikan sedang melahirkan

Gerakan ini seperti bagian akhir ketika sedang melahirkan, yakni dengan berbaring sambil membuka kedua kaki dan bengkukan di lutut.

Ibu hamil perlu melakukan gerakan-gerakan ini secara rutin, tidak hanya beberapa hari sebelum melahirkan tetapi beberapa bulan sebelum melakukan persalinan. Gerakan-gerakan ini umumnya tidak terlalu sulit dan semua ibu hamil bisa melakukannya. Ketika melihat ibu hamil yang berada di zaman nenek atau ibu kita yang tidak membutuhkan untuk mengikuti kelas senam ibu hamil tetapi masih bisa melahirkan dengan normal dan sehat. Ibu hamil kini sudah menjadi peniru dari apa yang dilakukan. Dalam hal ini, mereka mengetahui bagaimana dan tujuan dari gerakans senam ibu hamil.

Melakukan latihan gerakan-gerakan senam, ibu hamil seharusnya merasa nyaman dan ringan. Jika ada penyakit yang muncul, latihan senam harus secepatnya tidak dilanjutkan. Gerakan-gerakan senam ini tidak hanya memberikan manfaat ketika melakukannya tetapi juga berkonsenttrasi dalam mendapatkan suasana yang bagus. Untuk itu lakukanlah senam ibu hamiil yang diiringi dengan musik kesukaan dalam waktu yang nyaman untuk melakukannya.

Pelajari gerakan lainnya dari senam ibu hail di Aswirman.

Advertisements

2 thoughts on “Gerakan-Gerakan Senam Ibu Hamil

  1. Pingback: Sejumlah Manfaat Melakukan Senam Ibu Hamil Muda | My Blog

  2. Pingback: 2 Gerakan Latihan Perut Sebagai Senam Ibu Hamil 5 Bulan di Rumah | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s