Yang Terjadi Dalam Perkembangan Bayi 5 Bulan

perkembangan bayi 5 bulan

sumber foto: sleepserious

Pada perkembangan bayi 5 bulan, sang buah hati sudah mulai lebih baik dalam mengekspresikan dirinya. Ia akan memperlihatkan kasih sayang dengan memberikan pelukan, ciuman, dan mengangkat tangannya ke atas yang menandakan bahwa ia ingin digendong. Ia juga bahkan mungkin tertawa ketika diajak bercanda. Orang tua mungkin menyadari bahwa bayinya memperhatikan mereka ketika sedang berbicara. Bayi belajar lebih banyak mengenai bagaimana bekerjanya bahwa. Bayi mungkin tidak lama lagi mengenal namanya jika dipanggil.

Di usia ini, perkembangan fisik bayi terjadi dengan cepat dan membara. Jika mendudukan bayi di pangkuan orang tua, atau menempatkan bayi di lantai, maka ia mungkin bisa duduk untuk beberapa saat tanpa adanya bantuan. Untuk menolong bayi duduk, pindahkan kaki bayi hingga membentuk seperti huruf V. Cara ini bisa membantu keseimbangan bayi ketika duduk dan mengurangi resiko dari bayi terguling. Setelah bayi berada dalam posisi duduk, tempatkan mainan dihadapannya yang bisa ia mainkan. Pastikan orang tua berada dekat untuk memberikan dukungan, dan kelilingi bayi dengan bantal untuk mencegah bayi jatuh langsung ke lantai.

Orang tua juga bisa mengajak bayi untuk bermain dalam posisi tengkurap. Mengangkan kepala dan dada untuk melihat sebuah mainan akan membantu untuk menguakan otot leher dan membantu pengendalian kepala yang dibutuhkan bayi untuk duduk. Orang tua juga bisa membantu untuk menguatkan kakinya dengan mendirikan bayi di paha orang tua dan menggerakannya ke atas dan bawah.

Mengenai kenapa bayi suka mengulangi bunyi yang sama berkali-kali, ini karena bayi hanya melatih kemampuan bahasa yang dimilikinya dengan menambah suara-suara baru ke repertoanya. Kesukaanya di usia ini mungkin meniup raspberry atau membuat gelembung. Perkembangan bayi 5 bulan juga mungkin menjadi terlihat sangat mempesona dengan salah satu kemampuan yang baru ditemukannya yang bisa membuat bayi bertahan melakukannya dalam beberapa waktu.

Bayi mungkin akan memilih untuk menguasai satu kemampuan sebelum berpindah ke kemampuan selanjutnya. Mendengar suara yang sama secara terus-menerus bisa membuat kesal, tetapi orang tua harus bersabar karena akan ada suara lainnya yang bisa dikeluarkan, terutama setelah bayi sudah mulai berbicara. Ketika bayi membuat suara, orang tua bisa mencoba untuk mengulanginya kembali ke bayi. Cara ini akan menyemangati bayi untuk mengikuti orang tua, yang akan menolong ketika bayi sudah mulai belajar untuk berbicara.

Di usia 5 bulan, seberapa baik kemampuan penglihatan bayi? Di usia ini bayi menjadi lebih baik dalam menemukan obyek yang mungil, seperti keberadaan kelereng di lantai. Bayi juga bisa mengikuti sesuatu yang berukuran kecil yang bergerak, seperti bayi akan bisa untuk melihat kupu-kupu terbang di sekitar taman. Bayi mungkin juga bisa mengenali sebuah obyek setelah hanya melihat sebuah bagian saja.

Tidak lama lagi bayi akan bisa memahami bahwa sebuah obyek yang masih ada meskipun ia tidak melihat, mendengar atau menyentuh obyek tersebut. Kemampuan ini akan membentuk dasar dari kemampuan untuk bermain petak-umpet yang akan sering dimainkan dalam bulan-bulan berikutnya. Memang banyak yang terjadi dalam perkembangan bayi 5 bulan, sehingga orang tua diharapkan bisa mendokumentasikannya sebagai kenangan atau pencapaian.

Apa saja yang terjadi dalam perkembangan bayi 5 bulan di Aswirman.com.

Advertisements

2 thoughts on “Yang Terjadi Dalam Perkembangan Bayi 5 Bulan

  1. Pingback: Tips Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 3 Bulan | My Blog

  2. Pingback: Mengenal Perubahan Pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Setengah | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s