Mengganti Popok Bayi Laki-Laki

popok bayi

Tidak semua orang mengetahui dengan menyeluruh cara dengan benar mengganti popok bayi. Banyak orang tua baru dan orang yang kurang berpengalaman dalam merawat bayi menjadi cemas ketika menghadapi situasi mengganti popok. Kemungkinan menjadi target semburan urin bisa membuat penggantian popok bayi laki-laki secara tidak langsung menjadi menakutkan. Namun, ketika sudah mempelajari prosesnya, latihan adalah yang dibutuhkan untuk menjadi seorang profesional dalam mengganti popok.

Langkah pertama, pilih tempat yang sesuai yang bisa dengan mudah diakses ke semua peralatan yang akan dibutuhkan. Meja pengganti popok bisa menjadi pilihan yang bagus, tetapi permukaan datar apa pun bisa juga selama ada alas atau handuk lembut yang bisa ditempatkan di bawah bayi untuk menghindari terjadinya berantakan. Jangan pernah meninggalkan bayi laki-laki tanpa penjagaan jika sedang mengganti popok bayi yang dilakukan di atas permukaan yang lebih tinggi dari tanah.

Langkah kedua, lepas pakaian bayi untuk bisa mengakses area popok. Jika bayi laki-laki berontak atau menolak, berikan dia mainan untuk dimainkan yang bisa membuatnya menjadi sibuk dengan mainannya dan proses penggantian popok bisa menjadi lebih mudah. Langkah selanjutnya, melepas popok kotor. Cara untuk melakukannya akan tergantung apakah popok yang digunakan merupakan popok kain atau popok sekali pakai.

Untuk popok kain, lepas jepitan yang mengamankan atau mencopot ikatan yang dipasang pada masing-masing sisi popok yang menahan popok di tempatnya. Untuk popok sekali pakai, tarik strip perekat untuk melepaskan popok. Jangan dulu langsung melepas popok. Langkah berikutnya, tarik setengah bagian atas popok untuk membuka area yang perlu dibersihkan dan lipat dengan setengah di bawah bayi, lalu bersihkan.

Hal ini dilakukan karena akan memakan waktu yang lama untuk membersihkan secara seksama area ini, gunakan juga tisu atau kain untuk menutup alat kelamin bayi laki-laki ketika bagian bokong dan area lainnya sekitar alat kelaminnya sedang dibersihkan. Gunanya hal ini dilakukan untuk mencegah bayi membuat keadaan menjadi berantakan jika ia buang air kecil ketika proses penggantian popok sedang berlangsung.

Langkah ke-6, angkat pada pinggang bayi lalu singkirkan popok yang kotor yang ada di bawahnya. Tempatkan popok baru yang masih bersih di atas alas. Bagian belakang dari popok bayi harus berada satu tingkat dengan pinggang bayi. Langkah ke-7, arahkan alat kelamin bayi laki-laki ke bawah dan kencangkan popok bayi yang baru. Dengan mengarahkan ke bawah akan mencegah urin bayi bocor ke atas daerah pinggang. Untuk mengencangkan popok, hubungkan bagian akhir pada popok kain dengan jepitan atau arahkan strip perekat untuk dihubungkan ke bagian depan popok ketika menggunakan popok bayi sekali pakai. Langkah terakhir, kenakan pakaian baru atau bersih pada bayi, merapikan popok kotor dan cuci tangan secara menyeluruh.

Permasalahan mengenai popok bayi di Aswirman.com.

Advertisements

2 thoughts on “Mengganti Popok Bayi Laki-Laki

  1. Pingback: Tantangan dan Tips Mengganti Popok Bayi | My Blog

  2. Pingback: Cara Terbaik Untuk Mencegah Kebocoran Pada Popok Bayi Murah | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s