Menghitung Kebutuhan Kalori Menggunakan Kalkulator Kehamilan

kalkulator kehamilan

Cara makan sehat adalah kunci untuk memiliki kondisi baik dan optimasi kesehatan tidak terkecuali juga ketika sedang hamil. Jika seorang wanita sedang hamil, apa yang dimakan tidak hanya mempengaruhi wanita tersebut tetapi juga mempengaruhi kesehatan bayinya. Beberapa ahli bahkan menyarankan bahwa pola makan seorang ibu selama kehamilan mempengaruhi resiko obesitas dari anaknya nanti ketika pertumbuhan anak. Mendapatkan jumlah kalori yang tepat selama periode penting dari pertumbuhan anak bisa berpengaruh untuk jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk orang tua dalam menggunakan kalkulator kehamilan dalam menghitung kalori yang dibutuhkannya.

Dalam trimester pertama, beberapa wanita cenderung makan lebih sedikit selama trimester pertama karena mengalami morning sickness dan mual, ketika wanita lainnya memperbolehkan dirinya untuk memakan lebih dari semua makanan favoritnya. Untuk makan dengan jumlah kalori yang tepat untuk membantu pertumbuhan bayi tanpa naik berat badan dengan drastis, wanita hamil membutuhkan tambahan 100 kalori per hari.

Tentukan jumlah kalori yang perlu dimakan dengan menggunakan julah kalori yang biasa dimakan untuk menjaga berat badan demi kehamilan dan tambahkan 100 kalori untuk mendukung kehamilan. Untuk kebannyakan wanita hamil, 2.300 hingga 2.500 kalori per hari. Ini merupakan jangkauan yang bagus yang perlu ditargetkan dalam trimester pertama. Pola makan di trimester pertama berbeda dengan trimester kedua dan ketiga.

Di trimester kedua dan ketiga, adalah hal yang normal bagi wanita hamil yang merasa lebih lapar dari biasannya, ini dikarenakan bayinya membutuhkan tambahan makanan untuk tumbuh di masa kehamilan ini. Ibu hamil akan membutuhkan rata-rata 300 tambahan kalori per hari untuk menaikkan berat badan dalam kecepatan yang sehat sambil mengonsumsi energi yang cukup untuk bayi yang sedang tumbuh.

Ibu hamil bisa menggunakan kalkulator kehamilan khusus untuk kebutuhan kalori harian di trimester kedua dan ketiga dengan hanya menambahkan 200 kalori setiap hari dibandingkan dengan apa yang telah dimakan pada trimester pertama. Untuk kebanyakan wanita, pola ini bisa dipertimbangkan apakah ia ingin mengonsumsi 2.500 hingga 2.700 kalori per hari untuk di dua trimester ini. Ibu hamil perlu mendengarkan tubuhnya dan jangan menunda waktu makan.

Wanita yang memiliki berat yang sehat harus memiliki target untuk bertambah antara 11 hingga 15 kg selama kehamilan. wanita yang berlebih berat badannya perlu menambahkan sedikit berat badanya antara 6 hingga 11 kg, sedangkan wanita yang kekurangan berat badan perlu menargetkan untuk bertambah 12 sampai 18 kg ketika hamil. Hanya sebagian kecil dari pertambahan berat ini harusnya berasal dari lemak dan sebagian besarnya berasal dari berat plasenta, tambahan darah, rahim, jaringan payudara, dan cairan lainnya.

Ibu hamil perlu mengonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup untuk bertambah berat badan dalam kecepatan yang sehat. Jika berat badan tidak cukup bertambah, maka ibu hamil bisa menambahkan konsumsi kaloti. Jika pertambahan berat badan berlangsung terlalu cepat, kurangi konsumsi kalori dengan sedikit-sedikit untuk mengurangi tambahan lemak berlebih, yang bisa menjadi sulit untuk dikurangi seusai persalinan. Untuk itu, ibu hamil perlu memperhatikan kalkulator kehamilan untuk membuat proses kehamilan berjalan sehat.

Penjelasan kalkulator kehamilan di Aswirman.com.

Advertisements

2 thoughts on “Menghitung Kebutuhan Kalori Menggunakan Kalkulator Kehamilan

  1. Pingback: Penjelasan Lengkap Tentang Cara Kerja Dari Kalkulator Kehamilan | My Blog

  2. Pingback: Inspirasi Kalkulator Kehamilan Online Menghitung Minggu dan Bulan Hamil | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s