Apa Saja Perlengkapan Bayi yang Benar-Benar Dibutuhkan

perlengkapan bayi

Dengan banyaknya produk perlengkapan bayi yang tersedia di pasar, akan membuat kesulitan bagi orang tua untuk mengetahui apa saja perlengkapan bayi yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya sebatas perlengkapan tambahan. Di bawah ini adalah daftar dari berbagai perlengkapan bayi yang penting untuk dicatat dan dimasukkan ke dalam daftar belanja.

Pakaian bayi adalah perlengkapan bayi paling penting yang pertama. Untuk persiapan, orang tua paling tidak memiliki 8 pakaian bayi all-in-one. Bayi yang kecil cenderung untuk berkembang di beberapa bulan awal dan sebenarnya tidak perlu untuk mengenakan pakaian lain selain rompi bawah untuk musim dingin dan cardigan untuk atasan dalam mencegah kedinginan. Siapkan paling tidak 6 rompi atau yang lebih dikenal dengan pakaian setelan tubuh dengan ikatan di leher dan kancing di bagian bawah, Pakaian ini bisa dikenakan di bawah pakaian all-in-one atau itu saja ketika panas.

Satu atau 2 kardigan bisa menjadi lapisan tambahan untuk pakaian. Jika musim dingin tiba, bayi mungkin membutuhkan jaket atau setelan all-in-one. Jika bayi akan menghabiskan banyak waktu di dalam mobil, maka pilihlah yang tidak terlalu tebal, karena kalau tidak ada kemungkinan bagi bayi untuk merasa terlalu panas. Topi yang lembut dan nyaman akan menjadi penting ketika musim dingin. Jika orang tua memilih setelan all-in-one untuk melindungi kaki bayi, tidak butuh untuk mengenakan kaus kaki.

Untuk popok, bayi yang baru lahir akan membutuhkan penggantian popok sekitar 10 hingga 12 kali dalam sehari, penuhi persediaan yang cukup untuk paling tidak beberapa hari pertama atau seterusnya. Orang tua juga membutuhkan tempat popok dan tisu basah atau kapas. Jika orang tua berencana menggunakan popok kain, paling tidak membutuhkan 15 popok yang cocok untuk bayi baru lahir. Orang tua juga membutuhkan ember, pembebat popok dan beberapa pembersih popok. Ide bagus lain yang perlu dicoba adalah untuk memiliki paling tidak 1 paket dari popok sekali pakai, jika pada suatu saat semua popok kain sedang berada di cucian.

Sedangkan perlengkapan makan bayi, jika ibu memberikan ASI, maka dibutuhkannya bra menyusui dan bantalan payudara. Botol, dot, sikat botol, dan pembersih atau beberapa metode pembersih lainnya merupakan hal penting jika bayi diberi makan dari botol. Celemek dari kapas juga bisa membantu. Untuk perlengkapan bayi untuk mandi, bak mandi bayi bisa berguna namun bisa memakan tempat jika ruangan kamar mandi sudah terlebih dahulu sempit.

Bayi yang baru lahir perlu didukung dengan memegang bayi dengan aman di bak utama. Perlengkapan bayi berupa handuk bayi memang berguna tetapi tidak penting. Bayi juga akan merasa nyaman jika dibungkus dengan handuk mandi yang kecil. Cairan pembersih yang ringan atau salep bayi dikenakan ke bayi untuk melindungi kulit bayi yang halus.

Memilih perlengkapan bayi di Aswirman.

Advertisements

One thought on “Apa Saja Perlengkapan Bayi yang Benar-Benar Dibutuhkan

  1. Pingback: 7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibituhkan Orang Tua Baru | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s