Proses Kehamilan Minggu Ke-10

proses kehamilan

Ketika memasuki minggu kesepuluh kehamilan, bayi yang ada di kandungan sudah berbentuk janin. Bentuk awal dari janin ini akan berkembang lebih cepat dan dalam 3 minggu bentuknya akan lebih besar 2 kali lipat. Proses kehamilan di minggu ke-10 merupakan waktu di mana bayi kini sudah bisa menelan dan menendang serta semua organ utamanya sudah berkembang secara pernuh.

Detail-detail kecil perkembangan kehamilan di minggu ke-10 adalah sudah mulai tumbuhnya kuku dan sedikit rambut di kepalannya. Organ kelamin bayi juga mulai terlihat. Dalam kunjungan pengecekkan kandungan selanjutnya, orang tua mungkin bisa melihat apakah mereka akan memiliki anak perempuan atau laki-laki. Sedangkan proses kehamilan minggu kesepuluh yang dialami oleh ibu hamil adalah bentuk pinggang yang semakin tebal, meskipun begitu ibu hamil belum perlu untuk membeli pakaian dengan ukuran lebih besar.

Seiring dengan pertumbuhan bayi, rahim ibu hamil akan semakin besar untuk mengakomodasi bayinya. Rahim ibu hamil pada periode ini berukuran sebesar buah jeruk bali, hampir cukup besar untuk mengisi pinggulnya. Ibu hamil juga mungkin bisa merasakan rahimnya yang berada di bagian atas tengah dari tulang kemaluan. Di minggu ke-10 kehamilan, ibu hamil mungkin masih merasakan sakit, lelah, dan pusing. Untuk itu, di masa ini ibu hamil perlu diingatkan betapa hebatnya menjadi ibu hamil.

Dalam waktu ini, ibu hamil seharusnya sudah melakukan pertemuan pertamanya dengan bidan. Ini akan menjadi pertemuan dari kurang-lebih 10 pertemuan yang akan dilakukan hingga prosese persalinan. Sebelum melakukan pertemuan pertama, ibu hamil perlu menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada bidan dan pastikan tidak ada permasalahan yang tidak ditanyakan sehingga ke depannya ketika mengalami suatu masalah sudah diketahui solusi yang perlu dilakukan.

Antara minggu ke-10 dan 13 ditambah 6 hari dari kehamilan, ibu hamil akan ditawarakan untuk melakukan pertemuan pengecekan. Alasan utama perlu dilakukannya pengecekkan adalah untuk mengetahui sudah berapa minggu kehamilan yang sudah dijalani oleh ibu hamil dan sekalian untuk memperkirakan waktu persalinan. Pertemuan pengecekan juga akan memeriksa perkembangan bayi dan memperlihatkan apakah bayi yang dikandung tunggal, kembar dua, kembar tiga dan sebagainya.

Yang perlu diketahui oleh ibu hamil mengenai proses kehamilan minggu ke-10 adalah bersamaan dengan pertemuan pengecekkan, ibu hamil juga ditawarkan pemeriksaan lain untuk melihat bagaimana perkembangan bayi. Ibu hamil akan ditawarkan pemeriksaan tembus cahaya nuchal antara minggu ke-11 dan 13 ditambah 6 hari dari kehamilan untuk memeriksa apakah bayi menderita down sindrom. Seringnya mengalami mual di pagi hari, ibu hamil perlu mengubah rutinitas jam makan. Bisa diubah dengan makan besar di pagi hari dan memakan sesuatu yang ringan seperti keju atau kue di siang hari.

Penjelasan proses kehamilan di Aswirman.com.

Advertisements

One thought on “Proses Kehamilan Minggu Ke-10

  1. Pingback: Mitos Kehamilan dan Faktanya yang Berhubungan Dengan Makanan | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s