Kalkulator Kehamilan Menuju Persalinan

kalkulator kehamilan

Ketika dikonfirmasi kalau seorang wanita sedang mengandung maka hal selanjutnya yang ingin diketahui adalah kapan kira-kira waktu persalinan akan dilakukan. Rata-rata dari setiap kehamilan yang dihitung menggunakan kalkulator kehamilan adalah 40 minggu atau 280 hari dari hari pertama semenjak terakhir kali mengalami menstuasi normal. Menghitung waktu atau perkiraan dari persalinan itu cukup sederhana, jika diketahui kapan waktu terakhir menstruasi.
Jika sudah mengetahui waktu tersebut dengan sederhana tinggal menambahkan waktu selama 9 bulan dan 7 hari maka orang tua bisa mengetahui kapan wakty persalinannya. Contohnya seperti ini. Misalkan waktu terakhir dari mentruasi adalah tanggal 1 Januari. Tambahkan 7 hari dari tanggal awal maka hasilnya adalah tanggal 8. Tambahkan 9 bulan maka bulan yang didapat adalah Oktober. Jadi perkiraan dari tanggal persalinan kehamilan tersebut adalah 8 Oktober.

Dalam kenyataanya, hanya beberapa wanita yang melakukan persalinan dari waktu yang sudah diperkirakan. Sekitar 80 persen bayi dilahirkan sekitar 10 hari dari waktu perkiraan. Ini masih dalam jangkauan luas, karena bisa saja 10 hari tersebut adalah lebih awal dari perkiraan dan bisa juga lebih lama dari perkiraan. Sebuah kehamilan yang terjadi dalam jangka waktu tersebut, yakni antara minggu 38 atau 42, termasuk ke dalam golongan kehamilan penuh.

Jika sekitar 80 persen dari ibu melahirkan mengalami kehamilan penuh, maka sebaliknya ada 20 persen ibu hamil yang melakukan persalinan di luar dari jangka waktu tersebut. Sekitar 8 hingga 10 persen, melahirkan lebih awal antara minggu ke 20 dan 36 dari kehamilan dan sekitar 8 persen yang melahirkan lebih lama atau lebih dari 42 minggu. Persalinan permatur biasanya muncil karena sang ibu memasuki proses persalinan terlalu awal. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada alasan jelas mengapa, tetapi secara tidak normal persalinan prematur sering dihubungkan dengan kondisi-kondisi seperti di bawah ini:

– Kehamilan ganda, seperti kembar 2 atau 3
– Bentuk rahim yang tidak biasa yang menyesakkan janin
– Plasenta previa
– Abrupsi plasenta
– Mengkonsumsi tembakau atau merokok
– Penyakit yang tidak terobati dalam kelenjar tiroid dari ibu hamil
– Beberapa penyakit berat lainnya dari ibu seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit ginjal
– Demam tinggi atau infeksi parak di ibu hamil

Seperti yang dipercaya masyarakat, trauma emosi yang parah dan cedera fisik seperti pernah jatuh, adalah salah satu penyebab tidak umum dari persalinan prematur. Jika seorang ibu menjalani persalinan prematur dalam satu kehamilan, maka ibu tersebut memiliki kemungkinan sebesar 25 persen akan mengulangi di kehamilan berikutnya. Dengan mengetahui waktu persalinan dengan menggunakan kalkulator kehamilan bisa mengetahui apakah persalinan yang sudah dilakukan oleh ibu termasuk golongan kehamilan penuh, prematur atau melebihi jadwal. Hal ini perlu diketahui untuk menghindari kemungkinan terkena penyakit tambahan.

Advertisements

4 thoughts on “Kalkulator Kehamilan Menuju Persalinan

  1. Pingback: Menghitung Kebutuhan Kalori Menggunakan Kalkulator Kehamilan | My Blog

  2. Pingback: Penjelasan Lengkap Tentang Cara Kerja Dari Kalkulator Kehamilan | My Blog

  3. Pingback: Inspirasi Kalkulator Kehamilan Online Menghitung Minggu dan Bulan Hamil | My Blog

  4. Pingback: Mengetahui Waktu Pembuahan Dengan Kalkulator Kehamilan Paling Akurat | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s