Melihat Peluang Bisnis di China

Negara China merupakan sebuah pasar yang hanya beberapa perusahaan saja yang bisa menghindarinya. Dengan estimasi jumlah penduduk sekitar 1.3 miliar dan 20 juta rumah tangga setiap tahunnya masuk ke kelompok menengah, hal ini secara langsung memberikan tawaran untuk bisnis dari Inggris Raya sebuah peluang bisnis yang belum pernah dimiliki sebelumnya. Untuk itu, beberapa pengamat memberikan nasihatnya dalam menguasai pasar yang menyenangkan tersebut.

Dalam sebuah acara yang baru-baru ini diadakan berjudul, “Perahu lambat ke China – apakah perusahaan Inggris bisa melakukan apa yang dianggap cukup untuk mempergunakan kesempatan dari peluang bisnis ini?”, dalam acara ini dikumpulkan sebuah kelompok berisi para pengamat untuk mendiskusikan peluang-peluang yang dimiliki perusahaan Inggris di China. Berikut ini adalah beberapa nasihat yang didapat dari diskusi para pengamat dalam acara tersebut.

peluang bisnis

Menurut Mark Johnson dari perusahaan Sigma Precision Components mengatakan bahwa peluang untuk merek dagang perusahaan Inggris di China adalah sangat besar. Karena China merupakan pasar besar yang sedang berkembang dengan kekayaan signifikan di dalamnya, dan China sedang mencari yang terbaik dari segalanya. Jadi untuk perusahaan bisnis dengan teknologi tinggi atau merek terkenal, menurutnya peluang bisnis yang bisa didapat sangat fenomenal dan harus segera memasukkan produknya ke sana.

Sedangkan menurut Stephen Phillips, selaku dewan bisnis Inggris-China menggambarkan bisnis di negeri tirai bambu tersebut sebagai peluang yang menarik. Dalam pernyataanya, Stephen mengungkapkan bahwa salah satu statistik favoritnya di dunia adalah ada sebuah kota bernama Changchun di bagian timur laut China. Karena di kota Changchun yang luas daerahnya sebesar 2.000 km, sebanyak 30% penduduk dunia tinggal di sana.

Lebih lanjut, Stephen mengatakan bahwa China adalah salah satu negara paling menarik yang ada di dunia. Perubahan di negara ini berjalan dalam kecepatan yang sulit untuk digenggam atau ditebak, namun meskipun begitu dengan sangat semangat ia percaya bahwa setiap perusahaan Inggris Raya perlu untuk mengerti apa yang sedang terjadi di China, bahkan jika perusahaan tersebut memutuskan untuk tidak mau melebarkan bisnisnya ke sana.

Dua pengamat terakhir dalam diskusi tersebut adalah Jon Geldart dari Grant Thornton International dan Will Butler-Adams dari Brompton Bicycle. Jon Geldart dengan yakin percaya bahwa ada daya tarik sendiri yang besar dimiliki oleh China untuk armada bisnis, merek dagang dan apa yang bisnis Inggris lakukan. Sedangkan Will, yang sudah membuka toko sepedanya di China 2 tahun lalu mengatakan bahwa peluang bisnis yang ada di China besar, sangat besar, tetapi peluang bisnis tersebut untuk gagal juga tidak kalah besarnya. Untuk itu perlu dipelajari terlebih dahulu dan memiliki persiapan yang matang.

Temukan peluang bisnis di TeropongBisnis.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s