Hongaria Mencari Peluang Bisnis di Indonesia

Delegasi bisnis dari negara Hongaria, yang termasuk di dalammnya adalah beberapa pimpinan perusahaan, baru-baru ini mengunjungi Indonesia untuk menjelajahi peluang bisnis di negara Asia Ternggara dengan kemampuan ekonomi paling besar. Mentri perindustrian yang juga bertugas sebagai pemimpin umum untuk kerja sama industri internasional, Agus Tjahajana, mengatakan bahwa para pemimpin perusahaan bisnis asal Hongaria pada hari Senin lalu mencari pasangan bisnis untuk diinvestasikan.

Para pemimpin bisnis Hongaria tersebut ingin berinvestasi di berbagai bidang seperti, otomotif, perawatan air, pembangkit listrik dan juga sektor penjualan. Menurut Agus, para pemimpin bisnis dari negara di Eropa tersebut melihat Indonesia sebagai salah satu negara di daerah timur bumi dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan juga yang terbesar di ASEAN.

peluang bisnisAgus melanjutkan pernyataannya dengan menyebutkan bahwa para pebisnis Hongaria tersebut melihat banyak peluang yang bisa mereka ajak kerja sama di masa depan. Kunjungan pemimpin bisnis ini merupakan janji yang mereka buat ketika Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, mengunjungi Hongaria tahun lalu. Dimana dalam kunjungannya Presiden SBY, menandatangani kesepakatan dengan pihak Hongaria untuk meningkatkan kerja sama melalui pertukaran pendidikan budaya, pariwisata, investasi dan perdagangan, yang mencangkup beberapa sektor seperti makanan, energi dan manajeman air.

Pertukaran bilateran mengalami kelonjakan dengan rata-rata 4.98 persen sekitar 201.51 juta dollar Amerika di tahun 2013 dari tahun 2009. Pertukaran 2 arah mencapao puncak tertingginya pada angka 438.4 juta dollar Amerika di tahun 2011, tetapi dari situ terjadi penurunan hingga saat ini. Investasi yang dilakukan oleh Hongaria direalisasikan pada tahun 2010 di bidang penjualan dan industri hotel, dengan jumlah keseluruhan $260.000.

Agus lebih lanjut mengatakan bahwa Indonesia bisa memastikan adanya investasi dari perusahaan Hongaria yang bisa dikembangkan ke beberapa area spesifik seperti besi, mesin dan industri elektronik, dimana mereka memiliki keunggulan kompetitif yang lebih baik dari pada yang dimiliki pihak di Indonesia. Selain itu, perusahaan Indonesia yang memiliki reputasi di mancanegara bisa memastikan untuk meneliti peluang dalam mengembangkan bisnis mereka di Hongaria, sebuah negara dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa yang dilihat sebagai titik bagus untuk memasuki pasar Eropa.

Menurut Agus, pihak Indonesia tidak bisa mengambil keuntungan besar jika hanya mengandalkan pasar Hongaria untuk mejual produk, sebaiknya menjadikan Hongaria sebagai gambaran besar di skala yang luas di kesatuan Eropa. Export yang dilakukan Hongaria umumnya berupa mesin dan peralatan, produksi barang-barang, produk makanan dan kulit. Negra di Eropa tersebut memiliki berbagai produk industri seperti produk pertambangan, metalurgi, bahan pembangunan, makanan yang diproses, tekstil dan kimia, khususnya dalam urusan pharmasi atau apotek. Banyaknya sektor yang dipunyai oleh Hongaria membuat peluang bisnis di Indonesia tersedia semakin banyak.

Advertisements

2 thoughts on “Hongaria Mencari Peluang Bisnis di Indonesia

  1. Pingback: Melihat Peluang Bisnis di China | My Blog

  2. Pingback: Kerahasiaan Adalah Kunci Dalam Peluang Bisnis di Inggris Raya | Cinta Budaya Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s